Keluhkan Harga STB Mahal, Netizen: Hiburan Rakyat Hilang!

- Rabu, 7 Desember 2022 | 22:27 WIB
pemberlakuan siaran tv digital (Foto: Dok Kominfo) (Mutiah Zahra)
pemberlakuan siaran tv digital (Foto: Dok Kominfo) (Mutiah Zahra)

 

HARIANHALUAN.COM - Siaran TV digital sudah diberlakukan di sebagian wilayah Indonesia. Hal itu menyebabkan terdapat beberapa siaran yang hilang atau berubah jadi semut.

Undang-Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mengamanatkan penghentian penyiaran analog dan migrasi ke penyiaran digital (Pasal 72 angka 8, sisipan Pasal 60A Undang-Undang Penyiaran) dilansir dari laman kominfo.go.id pada tanggal 07 Desember 2022.

Pada bulan November kemarin analog switch off sudah diterapkan pada wilayah Jabodetabek. Pada Desember ini, merambat ke berbagai wilayah seperti ke Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Batam.

Baca Juga: Kenali Kelompok Teroris di Indonesia, dari MIT, JAD, JAT, dan JI

Karena pemberhentian siaran pada TV analog, jadi yang harus dilakukan agar dapat menonton dengan lancar dan tampilan yang bagus adalah dengan cara menggunakan smart tv yang sudah digital atau membeli set top box (STB).

Untuk yang belum tahu, bahwa set top box atau STB merupakan bagian penting dari migrasi teknologi televisi (TV) dari analog ke digital. Melalui STB, masyarakat dapat menonton siaran televisi digital dengan kualitas yang lebih baik dari analog.

Saat ini, sangat mudah menemukan STB dari berbagai macam merek, dari mulai yang dibelli secara online melalui ecommerce maupun secara langsung di toko elektronik terdekat.

Baca Juga: Harga Laptop Gaming Terbaik dari MSI, Alienware, dan Razer Bikin Kantong Jebol! Modal Rp50 Juta Masih Kurang

Halaman:

Editor: Ghoffarullah

Sumber: Kominfo, Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip Makna Dibalik Logo ASEAN Indonesia 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:52 WIB
X