Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Pencegahan Intoleransi Harus Jadi Prioritas!

- Rabu, 7 Desember 2022 | 23:16 WIB
Ilustrasi teroris terkait bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar (Ist)
Ilustrasi teroris terkait bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar (Ist)


HARIANHALUAN.COM - Peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Rabu 7 Desember 2022 membawa sebuah pesan, bahwa terorisme merupakan ancaman nyata bagi semua. Peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar bisa terjadi akibat banyaknya faktor yang melatarbelakangi.

"Satu hal yang pasti bahwa variabel statis, yakni ideologi intoleran dan radikal, telah melekat pada aktor pelaku atau kelompoknya," ujar Ketua Setara Institute, Hendardi dalam keterangan persnya.

Setara Institute mengutuk keras peristiwa bom bunuh diri serta turut berbela sungkawa untuk para korban. "Institusi Polri (diharapkan) mengungkap tuntas peristiwa ini, hingga diperoleh gambaran jejaring yang melingkupinya, guna kepentingan penanganan yang lebih akuntabel," katanya.

Baca Juga: Update Perkembangan Erupsi Gunung Semeru, Gempa Garut, dan Gerakan Tanah di Cianjur

Jika asumsi identitas pelaku yang beredar adalah benar, berarti pelaku merupakan residivis kasus terorisme di 2017 dan telah bebas sejak Maret 2021.

"Jika benar, maka pesan utama peristiwa ini juga ditujukan pada kerja pascapenanganan tindak pidana terorisme, yakni pemasyarakatan dan deradikalisasi," katanya.

Kejadian ini menjadi indikasi bahwa sinergi seluruh elemen pemerintah dan masyarakat harus diperkuat. Padahal, sederet regulasi pemerintah sudah diterbitkan, termasuk berbagai rencana aksi mencegah terjadinya kekerasan ekstremis. BNPT dan Polri bisa mengefektifkan berbagai regulasi dan inisiasi untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi Tablet Pixel, Produk Pertama Buatan Google yang Rilis Tahun Depan

Early warning dan early respons (EWES) system yang dikembangkan di daerah belum banyak membantu mencegah recovery kelompok teroris untuk melakukan tindakan serupa.

Halaman:

Editor: Ghoffarullah

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip Makna Dibalik Logo ASEAN Indonesia 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:52 WIB
X