Pemerintah Kota Pariaman Maksimalkan Pengelolaan Kearsipan

- Kamis, 8 Desember 2022 | 17:46 WIB
Kota Pariaman Maksimalkan Pengelolaan Kearsipan
Kota Pariaman Maksimalkan Pengelolaan Kearsipan

HARIANHALUAN.COM- Sosialisasi Pengawasan Kearsipan terhadap pencipta arsip di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman digelar pada Kamis 8 Desember 2022.

Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah setempat di aula balaikota, dibuka oleh Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

Tujuanya untuk peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip agar sesuai dengan prinsip, kaedah dan standar yang andal dan dalam upaya menyediakan dokumen hasil pengawasan kearsipan.

Baca Juga: Disdukcapil Agam Gelar Sosialisasi Adminduk Kepada Camat dan Wali Nagari

Hal itu sesuai dengan lembaran kerja Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB).

Lahirnya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, merupakan sebuah lompatan terhadap kearsipan di Indonesia.

Dan Pemerintah Kota Pariaman menyikapi Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut dengan Peraturan Daerah Kota Pariaman Nomor 1 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kearsipan dan Perda No. 1 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Hal itu direalisasikan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pariaman dengan tugas pokok dan fungsi mengurus kearsipan dan perpustakaan, sudah dibentuk.

"Kini Kota Pariaman sudah ada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pariaman yang bekerja sesuai tupoksinya," kata Mardison Mahyuddin.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Iklim Investasi di Padang Pariaman Mulai Membaik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:03 WIB
X