Terekam Kamera, Seekor Harimau Sumatera Masuki Pemukiman Masyarakat di Palupuah Agam

- Kamis, 8 Desember 2022 | 18:32 WIB
Penampakan harimau sumatra di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam  ((dok. BKSDA Sumbar))
Penampakan harimau sumatra di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam ((dok. BKSDA Sumbar))

HARIANHALUAN.COM - Konflik antara masyarakat Kabupaten Agam dengan Harimau Sumatera kembali terjadi di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah.

Wali Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Zul Arifin mengatakan, beberapa hari yang lalu, kemunculan harimau terpantau oleh para petani yang sedang beraktivitas di sawah.

"Bermula dari petani yang melihat jejak-jejak harimau. Belum dapat dipastikan yang mereka lihat adalah harimau atau bukan. Tapi dari jejak yang terlihat memang jejak harimau," ujarnya, Kamis 8 Desember 2022.

Zul Arifin mengatakan, dengan ditemukan jejak tersebut, dapat disimpulkan bahwa memang ada harimau yang berkeliaran di sekitar pemukiman masyarakat.

"Jejak-jejak itu telah menunjukan adanya harimau yang berkeliaran di tengah masyarakat atau di tengah kebun masyarakat. Tepatnya (jejak harimau) itu di Padang Bancah, Kanagarian Pasia Laweh, tidak jauh dari kantor camat," tambahnya.

Baca Juga: Pasca Bom Polsek Astana Anyar, Polresta Padang Perketat Penjagaan

Saat ini, warga sekitar kemunculan jejak harimau dikatakan tengah dalam kondisi ketakutan sehingga tidak ada yang berani keluar rumah.

"Kondisi saat ini mencekam, tidak ada yang berani keluar rumah. Karena kondisi di luar saat ini berbahaya. Sebelumnya sudah ada himbauan dari BKSDA," kata Zul Arifin.

Sementara itu, data yang diterima Harianhaluan.com, pada Selasa 6 Desember 2022, sekitar pukul 19.30 WIB, seekor harimau dewasa sempat terekam kamera pengawas milik BKSDA di sekitar lokasi jejak ditemukan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X