Polri Perkirakan Puncak Arus Mudik Libur Natal Diperkirakan Terjadi Hari Ini

- Sabtu, 24 Desember 2022 | 15:17 WIB
Pantauan lalin libur Nataru di tol Cipali Foto: Polri
Pantauan lalin libur Nataru di tol Cipali Foto: Polri



HARIANHALUAN.COM - Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan mengungkapkan, bahwa perlambatan pergerakan lalu lintas Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 ini akan diatasi oleh rekayasa lalu lintas berupa contraflow dari KM 47 sampai KM 61.

“Untuk mengurai kepadatan di KM 7 sampai KM 61, kita akan lakukan contraflow. Contraflow sepenggal 47 sampai 61. Ini untuk menarik kepadatan yang dari KM 10 sampai ke belakang, sampai ke KM 7 atau 4,” papar Aan, Sabtu 24 Desember 2022.

Untuk wilayah lainnya, Aan mengungkapkan tidak ada rekayasa lalin meskipun terjadi peningkatan pada hari pertama operasi lalu lintas. Selain itu dirinya mengatakan fungsionalisasi ruas jalan tol Cisundawu masih berjalan lancar hingga tadi pagi.

“Kegiatan hari pertama kemarin masih berjalan normal regular walaupun ada peningkatan arus dari Jabodetabek ke timur,” ucap Aan.

Baca Juga: Liburan Natal, Polri Antisipasi Peningkatan Kendaraan hingga Lokasi Rawan Kecelakaan

Untuk kegiatan operasi lalu lintas hari ini Sabtu, 24 Desember 2022 dirinya mengatakan bahwa operasi akan fokus terhadap lalu lintas terutama daerah wisata.

“Kemudian untuk kegiatan hari ini kita tetap fokus untuk arus lalu lintas terutama di jalur wisata, kemungkinan ada bangkitan-bangkitan ke tempat wisata daerah puncak maupun daerah lainnya,” tambahnya.

Dirgakkum Korlantas Polri itu juga mengungkapkan adanya persiapan operasi di tempat-tempat ibadah pada Sabtu malam. Menurutnya, ada kemungkinan diberlakukannya rekayasa lalu lintas di wilayah sekitar tempat peribadatan.

Baca Juga: Antisipasi Kendaraan Meningkat saat Liburan Natal, Jasamarga Lakukan Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

“Kemudian untuk nanti malam kita sudah fokus ke tempat ibadah, untuk jalur disekitar tempat ibadah mungkin beberapa wilayah dilakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar disekitar tempat peribadatan,” kata Aan.

Untuk puncak arus mudik, Aan mengungkapkan akan terjadi pada tanggal 24 Desember. Menurutnya, hingga dini hari tadi, ruas jalan tidak mengalami kebangkitan yang signifikan, oleh karena itu pihaknya akan mengantisipasi untuk hari ini.

“Tapi tadi malam sampai dini hari tidak terjadi bangkitan yang signifikan, mungkin hari ini. Kita tetap akan mengantisipasi, mungkin hari ini masih aka nada yang bepergian ke arah timur atau barat ke tempat wisata sudah jelas ada peningkatan ya seperti di puncak,” sambungnya.***

 

Editor: Hudori Ahmad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X