Rupanya Ridwan Kamil Bukan Sosok yang Diusung Golkar Maju di Pilpres 2024, Lantas Siapa?

- Minggu, 22 Januari 2023 | 16:51 WIB
Rupanya Ridwan Kamil Bukan Sosok yang Diusung Golkar Maju di Pilpres 2024, Lantas Siapa? (Golkar )
Rupanya Ridwan Kamil Bukan Sosok yang Diusung Golkar Maju di Pilpres 2024, Lantas Siapa? (Golkar )

HARIANHALUAN.COM- Beberapa hari lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi diterima oleh Partai Golongan Rakyat (Golkar) menjadi kadernya.  Bergabungnya Ridwan Kamil ke dalam Partai Golkar mendapat respon positif dari berbagai pengamat politik.

Ridwan Kamil pun langsung diberi posisi sebagai wakil ketua umum pada divisi penggalangan pemilih hal ini disampaikan oleh ketua partai Golkar yaitu Airlangga Hartarto.

Banyak yang menduga bahwa Ridwan Kamil akan menjadi calon yang di usung oleh Partai Golkar untuk maju pada Pilpres tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Jabar jadi Provinsi dengan Penurunan Orang Miskin Terbanyak, Ternyata ini Jurus Ridwan Kamil

Namun Pada Sabtu 21 januari 2023 saat menghadiri Rakornis dan Bimtek Pemenangan Pemilu di Hotel Labersa, Pekanbaru Ketua Umum Partai berlambang pohon beringin itu menjelaskan bahwa sosok yang di usung untuk maju pada pilpres pada tahun 2024 mendatang tidak lain ialah dirinya sendiri yaitu Airlangga Hartarto.

Ternyata pertanyaan siapa yang akan di di usung oleh partai Golkar ini sudah terjawab sejak pelaksanaan Munas 2019 lalu.

Airlangga mengaku partainya sudah mengumumkan nama calon presiden untuk Pemilu 2024 secara resmi.

Baca Juga: Soal Capres, Airlangga Tegaskan Golkar Sudah Resmi Umumkan Calon Presiden

“(Soal nama capres) Kalau Golkar, waktu Munas juga sudah resmi,” ujar Airlangga.

Keputusan Munas yang menetapkan Airlangga sebagai Capres Pemilu 2024, diperkuat hasil keputusan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) hingga rapat kerja nasional (Rakernas) yang digelar setelah Munas 2019

Ia mengaku, saat ini, Golkar tengah memperjuangkan sistem pemilu yang tetap memberikan kedaulatan kepada rakyat, melalui proporsional terbuka. Sedangkan untuk urusan capres sudah final karena Munas menjadi  keputusan tertinggi partai Golkar.

Menurut Ketum Golkar, ada upaya dari sejumlah pihak untuk mengembalikan sistem pemilu dari tangan rakyat kepada pimpinan partai melalui sistem proporsional tertutup.

Upaya ini dilakukan melalui gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Golkar sendiri telah menginisiasi pernyataan sikap penolakan sistem proporsional tertutup yang dilakukan delapan partai awal tahun ini.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jeleknya Proyek Food Estate Jokowi di Mata AHY

Rabu, 15 Maret 2023 | 19:49 WIB
X