Upaya Pengendalian Banjir Jakarta, Sodetan Kali Ciliwung Sudah Rampung 77 Persen Optimis Kelar Bulan Ini

- Selasa, 24 Januari 2023 | 16:37 WIB
Presiden Jokowi meninjau proyek Sodetan Kali Ciliwung (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi meninjau proyek Sodetan Kali Ciliwung (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

HARIANHALUAN.COM - Pembangunan sodetan merupakan bagian dari upaya menyeluruh pemerintah untuk pengendalian banjir di wilayah DKI Jakarta.

Sodetan Kali Ciliwung merupakan satu kesatuan dengan Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, dan sistem kanal banjir lainnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta, pada Selasa, 24 Januari 2023.

Rombongan Presiden tiba di area inlet sekitar pukul 9.10 WIB dan langsung mendengarkan pemaparan terkait proyek sodetan Kali Ciliwung tersebut.

Menurut Manajer Proyek Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Farida Maharani, saat ini progres pembangunan sodetan tersebut sudah mencapai 77 persen. Jokowi sendiri optimis bahwa proyek sodetan tersebut bisa rampung dan beroperasi pada April 2023.

Baca Juga: Ditanya Wartawan Soal Biaya Haji 2023, Jokowi: Belum Final Sudah Ramai

Sodetan Kali Ciliwung memiliki dua terowongan dengan diameter masing-masing 3,5 meter. Kehadiran sodetan tersebut akan mengurangi debit air hingga 33 meter kubik per detik pada saat status banjir siaga empat dan 63 meter kubik per detik pada saat status banjir siaga satu.

Jokowi menekankan bahwa penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Setelah di hulu pemerintah membangun Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, di hilir pemerintah tengah menyelesaikan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT).

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Presiden.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X