Beri Bantuan, Wali Kota Genius Umar Sigap Respons Banjir di Pariaman, Cari Tahu Penyebabnya Apa sih

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:16 WIB
Beri Bantuan, Wali Kota Genius Umar Sigap Respons Banjir di Pariaman, Cari Tahu Penyebabnya (Harianhaluan.com/Trisnaldi)
Beri Bantuan, Wali Kota Genius Umar Sigap Respons Banjir di Pariaman, Cari Tahu Penyebabnya (Harianhaluan.com/Trisnaldi)

HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Pariaman, Genius Umar, membagikan beras kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, Selasa pagi 24 Januari 2023.

Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemko Pariaman dan tanggap cepat untuk masyarakat korban banjir.

Diketahui Senin malam 23 Januari 2023, curah hujan tinggi yang melanda siang hari sampai malam pada Senin kemarin itu, menyebabkan banjir dan merendam sebagian rumah warga di sejumlah titik di Kota Pariaman.

Baca Juga: Awaloedin Djamin, Jenderal Bintang 4 dari Sumbar yang Dijuluki Bapak Satpam Indonesia

Baca Juga: Nantang Ferry Irawan, Hotman Paris Beri Petunjuk soal Aib Venna Melinda di Bogor, Ternyata Mengarah ke Hal Ini

Sebagai respons banjir, pada Selasa pagi 24 Januari 2023, Wali kota Genius Umar meninjau warga dan lokasi yang terkena dampak banjir sekaligus memberikan bantuan beras dan mie instan kebeberapa lokasi yang parah.

"Lokasi yang parah itu antara lain Desa Desa Cubadak Air, Desa Sikapak Barat, Desa Cimparuah dan Desa Toboh Palabah," kata Genius Umar.

Setelah dilaporkan oleh Tim Tagana atau tanggap siaga bencana, BPBD Kota Pariaman Senin malam, ada beberapa titik di Kota Pariaman rumah warga terendam banjir yang cukup parah, Wali Kota Pariaman bersama rombongan langsung kelapangan memastikan agar warga tetap dalam kondisi aman dan selalu siaga.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 5 SD/MI Pamekar Diajar Basa Sunda Halaman 76 77: Carita Pondok Carpon

"Tadi malam (Senin malam) kita sudah langsung meninjau lokasi banjir dan memastikan warga dalam kondisi aman," kata wali kota.

Tidak hanya itu, dapur umum sudah didirikan di Halaman Balaikota Pariaman untuk logistik dan dibagikan kepada warga terkena banjir.

Wali kota Genius Umar juga memeriksa infrastruktur secara teknis penyebab terjadinya banjir yang banyak merendam rumah warga.

Baca Juga: Galamai, Oleh-oleh Khas Sumatera Barat yang Rasanya Legit Menggigit

Baca Juga: Ibunda Bharada E Minta Keringanan Hukuman, Jokowi: Saya Tidak Bisa Lakukan Intervensi Proses Hukum!

"Kita mencari tahu penyebab terjadinya banjir,  apabila penyebabnya karena penyumbatan terhadap drainase, langsung dibicarakan dengan dinas terkait untuk solusinya sehingga bila terjadi curah yang tinggi, warga tidak terkena dampak lagi," kata Genius.

Dan wargapun diingatkan agar tetap waspada dan berhati-hati karena kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini.(*) 

 

 

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Wawancara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X