25 Januari: Intip 6 Peristiwa Pentingnya, Hari Gizi hingga Ratusan Orang Tewas Akibat Air Kelapa Tumpah

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:14 WIB
Kalender Januari (Pexels.com/LeelooThefirst)
Kalender Januari (Pexels.com/LeelooThefirst)

HARIANHALUAN.COM - Bertepatan pada tanggal 25 Januari, di Indonesia maupun di negara lain memiliki beberapa peristiwa penting yang terjadi di masa lampau. Mulai dari Hari Gizi Indonesia hingga huru-hara di India yang menewaskan ratusan orang hanya akibat air kelapa tumpah.

Guna mengenang peristiwa-peristiwa penting pada tanggal 25 Januari, Harianhaluan.com telah merangkumnya jadi satu. Untuk itu, berikut ini sejumlah beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik pada tanggal 25 Januari:

Baca Juga: Rincian Harga Emas Pegadaian Hari Ini 25 Januari 2023, Termurah UBS Rp 1,043 Juta Per Gram

1. Pertempuran Mikatagahara di Jepang

Pertempuran Mikatagahara adalah pertempuran periode Sengoku Jepang yang terjadi antara Takeda Shingen dan Tokugawa Ieyasu di Mikatagahara, Provinsi Tōtōmi pada tanggal 25 Januari 1573. Shingen menyerang Ieyasu di dataran Mikatagahara di utara Hamamatsu selama kampanyenya melawan Oda Nobunaga sambil mencari rute dari Kōfu ke Kyoto.

Pasukan Tokugawa-Oda hampir seluruhnya dimusnahkan oleh Takeda setelah dikepung dan banyak pengikut Ieyasu tewas dalam pertempuran tersebut. Ieyasu dan anak buahnya yang masih hidup terpaksa mundur sebelum melancarkan serangan balik kecil untuk menunda perjalanan Shingen menuju Kyoto.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer-Sagitarius Rabu 25 Januari 2023, Virgo Kamu Perlu Banyak Belajar

2. Pendirian pemukiman Inggris pertama di Kepulauan Falkland

Kepulauan Falkland adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudra Atlantik Selatan yang terdiri dari dua pulau utama, Falkland Timur dan Falkland Barat, serta beberapa pulau kecil. Ibu kotanya, Stanley, terletak di Falkland Timur.

Halaman:

Editor: Mufrod

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X