Tulisan Awaloedin Djamin Mengenai 'UU No.2 Tahun 2002 sebagai Landasan Operasional Reformasi Polri'

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:39 WIB
Tahukah kalian Awaloedin Djamin Menulis 'UU No.2 Tahun 2002 sebagai Landasan Operasional Reformasi Polri (library.stik-ptik.ac.id)
Tahukah kalian Awaloedin Djamin Menulis 'UU No.2 Tahun 2002 sebagai Landasan Operasional Reformasi Polri (library.stik-ptik.ac.id)

HARIANHALUAN.COM - Jenderal Bintang 4 Awaloedin Djamin bukan hanya disebut Bapak Satpam Indonesia, dirinya juga seorang penulis.

Jenderal Bintang 4 Awaloedin Djamin pernah menulis UU No.2 Tahun 2002 adalah Landasan Operasional Reformasi Polri pada tahun 2007.

Hal ini diketahui oleh Harianhaluan.com melalui Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Dilansir harianhaluan.com dari library.stik-ptik.ac.id, “Penyidik Polri adalah penyidik utama dan bertugas koordinasi, pengawasan dan memberi pembinaan teknis kepada semua Penyidik Pegawai Negeri Sipil” tulis Awaloedin Djamin.

Bagaimana Jenderal Bintang 4 Awaloedin Djamin bisa bilang kalau UU No.2 Tahun 2002 adalah Landasan Operasional Reformasi Polri?

Awaloedin Djamin mengutarakan beberapa fakta sebagai landasan tulisannya.

Pertama, ia mengaitkan dengan ketetapan Presiden tanggal 1 Juli 1946 mengenai usulan Dewan Menteri yang ditetapkan di Yogyakarta pada tanggal 25 Juli 1946 oleh Presiden RI Soekarno, Menteri Dalam Negeri Sordasono.

Kedua, ia memasukan ungkapan Menhakam/Pangab Jenderal Wiranto pada 1 Juli 1999 yang berbunyi: “ pada hari ini lima puluh tahun lalu yang lalu, pemerintah secara resmi melakukan reformasi terhadap kedudukan dan susunan organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia.”

Berdasarkan ucapan Jenderal Wiranto, Awaloedin Djamin menulis “kebijakan pemerintah tersebut merupakan tonggak sejarah yang sangat monumental karena menandai terbentuknya suatu badan Kepolisian Nasional yang meleburkan semua badan-badan Kepolisian Lokal ciptaan pemerintahan Hindia-Belanda.

Baca Juga: Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup, Ferdy Sambo Pamerkan Deretan Prestasi Mentereng Saat Pledoi

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: library.stik.ptik.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X