Aktivis Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, Dikenal Berani Bersikap dan Bicara Kasus Meme Borobudur!

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:51 WIB
Aktivis Lieus Sungkharisma/Net
Aktivis Lieus Sungkharisma/Net





HARIANHALUAN.COM - Kabar duka datang kembali dari aktivis, Lieus Sungkharisma, lalu ia dikabarkan meninggal dunia karena sakit jantung.

Aktivis Lieus Sungkharisma mengembuskan napas terakhirnya beberapa saat yang lalu pada Selasa, 24 Januari 2023 di RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Ungkap duka mendalam kepada aktivis Lieus Sungkharisma ini turut disampaikan juga oleh sejumlah pihak, termasuk Waketum Partai Gerindra Fadli Zon melalui Twitter pribadinya.

Fadli Zon pun merasa kehilangan dan sedih dengan kabar duka yang diterimanya ini.

"Selamat jalan Bro Lieus Sungkharisma, aktivis yang berani bicara dan bersikap. Sungguh sedih dan merasa kehilangan," tulis Fadli Zon melalui Twitter pribadinya, dikutip Harianhaluan.com.

"Saya mengenalnya sejak 1992, ketika alm. menjadi Ketum Gemabudhi. RIP Bro, Lieu," lanjutnya.

Pemilik nama asli Li Xue Xiung yang lahir di Cianjur, Jawa Barat, 11 Oktober 1959 ini merupakan aktivis sosial Indonesia yang berketurunan Tionghoa.

Baca Juga: Tulisan Awaloedin Djamin Mengenai 'UU No.2 Tahun 2002 sebagai Landasan Operasional Reformasi Polri'

Sebelumnya, Lieus pernah juga memberi peryataan terkait kasus meme Borobudur tahun lalu dan ia sewaktu itu merasa heran karena Roy Suryo menjadi target.

Lebih detailnya bahwa aktivis Lieus mengatakan bahwa seharusnya Roy Suryo tidak menjadi target unggahan meme stupa Candi Borubudor yang diedit mirip Presiden Jokowi.

"Eh, kejadian kok Roy Suryo yang diarah, padahal beliau bukan bikin. Beliau cuma kasih caption yang isinya tadi dibacakan. Enggak ada apa-apanya. Kenapa yang diincar Roy Suryo, ini aneh," kata Lieus di Polda Metro Jaya, Kamis (30/6/2022), dikutip dari Sindonews.com.

Sewaktu itu, ia juga menjadi salah satu orang yang mendampingi Roy Soryo untuk diperiksa ke penyidik di Polda Metro Jaya pada Kamis, 30 Juni 2022 tahun lalu.

Bahkan ia menilai, sebagai umat Budha peristiwa tersebut bukanlah peristiwa serius yang berujung harus pada tindak pidana.

"Ini enggak masalah kok, bukan beliau (Roy Suryo) yang bikin, bahkan saya advice sih kepada polisi, yang bikin juga jangan dihukum, jangan dihukum," katanya

Aktivis Lieus juga sewaktu itu menegaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi karena efek dari pemerintah yang menaikkan tiket ke Mandala atas dari Rp50.000 menjadi Rp750.0000.

Meski demikian, ia pun sewaktu itu memberikan apresiasi juga kepada pemerintah yang telah kembali meninjau ulang aturan tersebut.

Perjalanan dari Lieus sewaktu masih hidup itu bisa menjadi sebuah gambaran aktivis yang berani bersikap dan bicara, lalu memang bisa dikatakan layak disandangkan kepada dirinya.

Selanjutnya, jenazah Lieus dikabarkan juga akan disemayamkan di Rumah Duka Heaven, Pluit, Jakarta Utara, untuk kemudian dikremasi.(*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: sindonews.com, Twitter Fadli Zon

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X