Profil Lieus Sungkharisma, Aktivis Sosial Keturunan Tionghoa yang Meninggal Dunia Hari Ini

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:53 WIB
Aktivis sosial keturunan Tionghoa, Lieus Sungkharisma yang meninggal dunia hari ini.  ((Instagram @lieussungkharismaofficial))
Aktivis sosial keturunan Tionghoa, Lieus Sungkharisma yang meninggal dunia hari ini. ((Instagram @lieussungkharismaofficial))




HARIAHALUAN.COM - Kabar duka datang dari aktivis sosial Lieus Sungkharisma. Dia dikabarkan meninggal dunia karena sakit jantung pada Selasa, 24 Januari 2023 pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Kabar meninggalnya aktivis sosial keturunan Tionghoa Lieus Sungkharisma disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Fadli Zon melalui akun Twitternya @fadlizon.

Dengan kabar meninggalnya aktivis keturunan Tionghoa ini, tidak sedikit warganet yang mencari informasi mengenai profil lengkap sang aktivis, Lieus Sungkharisma.

Berikut Harianhalian.com telah merangkum profil Lieus Sungkharisma, aktivis sosial keturunan Tionghoa yang meninggal dunia hari ini.

Diketahui, Lieus Sungkharisma merupakan aktivis keturunan Tionghoa yang lahir pada 11 Oktober 1959 silam.

Di dunia politik, dia pernah tercatat menjadi Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (Parti).

Baca Juga: Aktivis Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, Dikenal Berani Bersikap dan Bicara Kasus Meme Borobudur!

Selain itu, pria berusia 63 tahun tersebut juga sempat menjabat Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) periode 1986-1991.

Aktivis sosial yang memeluk agama Budha tersebut juga pernah menjabat sebagai Ketua di DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI).

Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta juga pernah dipegang pria asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tersebut.

Pria yang pernah menjabat sebagai Bendahara Depinas SOKSI periode 1986-1991 ini juga dikenal sebagai aktivis yang kritis terhadap pemerintahan Jokowi.

Lieus diketahui pernah jadi bagian tim sukses pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 silam.

Lelaki yang bernama asli Li Xue Xiung ini merupakan pendukung Joko Widodo di Pilpres 2014 lalu.

Dia bahkan pernah membuat lomba bertajuk 'Surat untuk Jokowi' pada saat momen Pilpres 2014 silam.

Tidak hanya itu saja, pria yang dikenal baik oleh Fadli Zon tersebut juga dikenal paling terdepan mengkritik kebijakan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Twitter Fadli Zon

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X