Potensi Keluatan Pesisir Selatan Sangat Besar dan Harus Digarap Maksimal

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:55 WIB
Potensi Keluatan Pesisir Selatan Sangat Besar dan Harus Digarap Maksimal
Potensi Keluatan Pesisir Selatan Sangat Besar dan Harus Digarap Maksimal





HARIANHALUAN.COM - Potensi perikanan laut yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sangat besar, maka penggarapannya harus dilakukan secara maksimal.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, mengungkapkan  agar potensi produksi yang mencapai 100 ribu ton per tahun sebagaimana dimiliki bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat nelayan.

"Karena hingga saat ini rata-rata capaian produksinya baru berada pada kisaran 30 ribu ton per tahun," katanya.  Selasa (24/1) di Painan

Menjelaskan  masih minimnya teknologi sarana tangkap menjadi salah satu penyebab produktivitas masyarakat nelayan masih rendah."Agar potensi produksi perikanan laut mencapai 100 ribu ton per tahun itu bisa digarap maksimal, maka produktivitas mereka perlu terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan sebagaimana saat ini adalah melalui peningkatan teknolgi sarana dan prasarana tangkap bagi nelayan," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa saat ini para nelayan rata-rata telah memiliki perahu yang didorong pakai mesin long tail.

"Walau sudah memakai mesin pendorong seperti long tail, namun masih bisa dikatakan tergolong tradisional karena tidak dilengkapi dengan sonar dan peralatan canggih lainnya yang bisa digunakan untuk mendeteksi ikan. Tapi setidaknya mereka telah bisa bergerak dengan cepat untuk menghindari cuaca buruk bila suatu saat terjadi," ungkapnya.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Pessel, Firdaus, ketika dihubungi mengatakan akibat dari masih terbatasnya sarana tangkap yang dimiliki oleh nelayan tradisional di daerah itu, membuat produktivitas para nelayan masih rendah. Akibatnya membuat rata-rata produksi ikan hanya tercapai sekitar 29 hingga 31 ribu ton saja per tahun.

Dia menambahkan bahwa melalui berbagai bantuan sarana dan prasarana tangkap yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir itu, produksi perikanan laut akan bisa tercapai secara maksimal.

"Sebab bila dikelola secara maksimal, laut Pessel ini bisa menghasilkan produksi sebesar 100 ribu ton per tahun," terangnya.

Ditambahkanya bahwa saat ini jumlah armada tangkap berupa mesin tonda, kapal payang, dan perahu yang menggunakan mesin lainnya ada sebanyak 2.440 unit lebih di Pessel.

"Kalaupun masih ada yang menggunakan perahu dayung, itu hanya untuk kebutuhan nelayan ketika akan menyebar pukat tepi. Sebab memang tidak bisa memakai perahu mesin karena beresiko bisa merusak jaring pukat," jelasnya.

Ditambahkanya bahwa upaya yang dilakukan pemerintah sejak 15 tahun terakhir dalam menyalurkan bantuan mesin long tail kepada masyarakat nelayan, membuat semua para nelayan tradisional di daerah itu tidak ada lagi turun  dengan menggunakan perahu dayung atau layar. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X