Dishub Pesisir Selatan Maksimalkan PAD dari Retribusi Parkir

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:30 WIB
Dishub Pesisir Selatan Maksimalkan PAD dari Retribusi Parkir
Dishub Pesisir Selatan Maksimalkan PAD dari Retribusi Parkir





HARIANHALUAN.COM - Tingginya potensi yang bisa digali untuk mendatangkan pemasukan melalui lahan parkir ke daerah, Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya memaksimalkan melakukan pengelolaan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor itu.  

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Pessel, Syafrijoni, Selasa (24/1) di Painan. Dia menjelaskan bahwa keterbatasan jumlah personil menjadi salah satu kendala oleh jajarannya tidak semua lahan atau kawasan parkir bisa terjangkau.

"Agar hal itu bisa diantisipasi ke depan, sehingga setiap nagari yang memiliki potensi pemasukan dari parkir, kita akan melakukan kerja sama dengan pemerintah nagari dalam melakukan penarikan retribusi parkir tersebut," katanya.

Diakuinya bahwa lahan parkir yang pemungutannya dilakukan oleh oknum pemuda tanpa memakai karcis itu, memang sempat menjadi sorotan dari berbagai  kalangan masyarakat akhir-akhir ini, terutama sekali dari pelintas jalan di kawasan itu.

Baca Juga: Bupati Pesisir Selatan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri

"Karena kita tidak menginginkan hal itu akan merusak citra Pesisir Selatan berkepanjangan dari masyarakat luar daerah, maka kita akan melakukan penertiban. Salah satunya adalah melalui kerjasama penarikan retribusi parkir dengan pemerintah nagari. Itu kita lakukan karena Dishub memiliki keterbatasan jumlah personil," katanya lagi.

Dia menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan penggalian potensi penerimaan PAD dari retribusi parkir di daerah itu. Sebab bila kawasan parkir bisa dikelola secara baik dan profesional, diyakininya akan bisa mendatangkan PAD yang besar ke daerah.

" Saya berharap dukungan dari semua, karena tanpa dukungan apa yang diharapkan tentu akan sulit tercapai. Andalan penerimaan retribusi parkir saat ini adalah di kawasan Wisata Pantai Carocok Painan, kawasan Wisata Madeh, dan beberapa kawasan wisata penyangga lainnya," tutup Syafrijoni. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X