Tingkatkan SDM, Pemkab Pesisir Selatan Tingkatkan Budaya Gemar Membaca Terhadap Masyarakat

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi





HARIANHALUAN.COM - Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip setempat terus meningkatkan budaya gemar membaca bagi masyarakatnya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, kemarin (20/1) dan menjelaskan bahwa untuk menumbuhkan budaya gemar membaca di tengah-tengah masyarakat, pihaknya tidak saja melakukan pembenahan tata kelola kearsipan dan perpustakaan, tapi juga mengembangkan sarana taman bacaan lainnya yang dikelolah oleh kelompok atau komunitas.

"Agar keberadaan taman bacaan bisa terus berkembang dan  menyentuh semua nagari yang ada, sehingga kita melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip juga mambangun jaringan dan mitra kerja dengan pemerintahan nagari," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa jaringan atau kemitraan itu juga dilakukan dengan berbagai lembaga lainnya seperti pengurus masjid, sekolah PAUD, Majelis Taklim dan banyak lagi.  

Baca Juga: Bupati Pesisir Selatan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pessel, Yandes, ketika dihubungi kemarin (20/1) menjelaskan bahwa untuk menunjang operasional dalam meningkatkan mitra atau jaringan, pihaknya saat ini didukung oleh tiga unit mobil pustaka keliling sebagaimana dimiliki.

"Walau dari segi jumlah hanya ada tiga unit, namun bila dikaitkan dengan kebutuhan ideal masih bisa dikatakan memadai. Selain membangun mitra dan jaringan, saat ini kami juga tengah menyusun berbagai program yang memiliki nilai plus dalam meningkatkan budaya gemar membaca di daerah ini," jelasnya.  

Upaya itu dilakukannya, sebab keberadaan perpustakaan dengan berbagai bacaan yang berkualitas merupakan urusan wajib sebagaimana diterapkan oleh negara-negara maju di dunia.

"Perpustakaan memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan kecerdasan dan kualitas anak bangsa. Berdasarkan hal itu, maka keberadaan Perpustakaan dan Arsip, perlu mendapat perhatian serius," ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa untuk menambah daya tarik agar kunjungan masyarakat terhadap perpustakaan yang ada selalu meningkat, pihaknya juga menyediakan sarana berupa hotspot atau jaringan internet gratis.

"Melalui keberadaan sarana ini, maka masyarakat akan semakin banyak berkunjung untuk membaca berbagai buku bacaan berkualitas yang kami sediakan. Serta juga mencari tugas bagi anak sekolah dan mahasiswa melalui jaringan internet gratis yang ada di lingkungan kantor Perpustakaan dan Arsip," timpalnya. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X