Aktivis Lieus Sungkharisma Meninggal, Ternyata Pernah Ditangkap atas Dugaan Makar dan Berita Bohong

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:24 WIB
Aktivis Lieus Sungkharisma
Aktivis Lieus Sungkharisma

HARIANHALUAN.COM - Rabu, 25 Januari 2023, Aktivis Lieus Sungkharisma meninggal dunia di usia 63 tahun. Lieus Sungkharisma adalah aktivis sosial Indonesia yang berketurunan Tionghoa. 

Lieus Sungkharisma sempat menjabat sebagai Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI), Wakil Bendahara Depinas SOKSI (Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) periode 1986-1991, Ketua di DPP AMPI.

Baca Juga: Profil Lieus Sungkharisma Aktivis Pencetus Gagasan Super Iman, Bukan soal Agama ya, Apa Itu

Saat Lieus Sungkharisma menjadi Koordinator Forum Rakyat, penyidik Polda Metro Jaya melakukan penangkapan terkait dengan kasus dugaan penyebaran hoaks dan Makar di kediamannya pada Senin, 20 Mei 2019.

Dalam hal ini, Polri sempat melayangkan surat pemanggilan terhadap Lieus. Namun, dia tidak menghadiri agenda pemeriksaan penyidik tersebut.

Baca Juga: Profil Lieus Sungkharisma, Aktivis Sosial Keturunan Tionghoa yang Meninggal Dunia Hari Ini

Lieus sendiri sebelumnya dilaporkan oleh seseorang bernama Eman Soleman di Bareskrim Polri terkait dengan dua perkara tersebut. Laporan untuk Lieus Sungkharisma diterima oleh Bareskrim Polri bernomor STTL/296/V/2019/Bareskrim.

Dalam laporan itu, dia disangka melanggar Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang tindak pidana penyebaran berita bohong atau hoaks.

Lieus juga dilaporkan dengan Pasal 107 jo Pasal 110 Jo Pasal 87 dan atau Pasal 163 jo Pasal 107 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang terhadap keamanan negara atau Makar. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X