Srimulyani Optimis Indonesia Mampu Lunasi Utang, Rocky Gerung: Jual BUMN Semua Utangnya Lunas Kok

- Rabu, 25 Januari 2023 | 12:49 WIB
Srimulyani Optimis Indonesia Mampu Lunasi Hutang  Rocky Gerung: Jual Bumn semua hutangnya lunas kok (Yoriesta Afnenda Ramizal)
Srimulyani Optimis Indonesia Mampu Lunasi Hutang Rocky Gerung: Jual Bumn semua hutangnya lunas kok (Yoriesta Afnenda Ramizal)


HARIANHALUAN.COM -- Sebelumnya Menteri Keuangan Srimulyani menyampaikan statemennya bahwa dia yakin Indonesia mampu untuk lunasi utang negara yang kini sudah mencapai 7.734 triliun.

Menanggapi pernyataan Srimulyani tersebut, Rocky Gerung dalam kanal Youtubenya Rocky Gerung Official memberikan statement soal bisa membayar utang, Indonesia memang bisa membayar.

Akan tetapi menurut Rocky Gerung, seharusnya Srimulyani juga mempertimbangkan perhitungan.

Karena menurut mantan dosen Universitas Indonesia tersebut, bahwa yang namanya bayar membayar itu harus ada perhitungan antara rasio utang terhadap pendapatan perkapita.

Baca Juga: 5 Minuman Khas Sumbar Paling Recomended, Nomor 2 Cukup Rogoh Katong Rp3 Ribu Saja

"Ada perhitungannya itu, rasio utang terhadap pendapatan perkapita. Berapa banyak utang yang mesti kita distribusikan pada rakyat kita itu. Dan 5 tahun kedepan beban itu bisa diatasi. Kalau pemerintah bilang pemerintah bisa bayar utang ya memang bisa kalau dia jual BUMN semua utangnya lunas kok," kata Rocky Gerung.

Namun, lebih lanjut lagi dia menyampaikan bahwa memang BUMN itu bukan untuk bayar utang.

"Kita jualan minyak, batubara hingga sawit itu kan hasil yg kita ambil dari alam kan. Kita engga pernah jualan otak, karena otak kita terbatas. Kan mestinya sebuah negara itu, kita bisa mandiri karena kami jualan konsep atau jualan pikiran," kata pria kelahiran Manado tersebut

Sehingga menurutnya Indonesia tidak bisa hanya sekedar andalkan sumber daya alam buat bayar utang karena sumber daya alam itu bisa hilang.

Baca Juga: Penerima BSU, BPUM, PKH Full Senyum Dapatkan Bantuan Rp4,2 juta dengan Ikut Program Kartu Prakerja

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AHY Mulai Sindir PKS dan Nasdem: Bukan Kawin Paksa!

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:44 WIB
X