Ribuan Kades Kepung Gedung DPR, Ini Pengertian Demonstrasi dan Landasan Hukumnya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 15:05 WIB
Para Kades yang demontrasi tuntut perpanjangan masa jabatan.  (Okezone)
Para Kades yang demontrasi tuntut perpanjangan masa jabatan. (Okezone)

HARIANHALUAN.COM - Ribuan Kepala Desa atau Kades dari berbagai daerah, menggelar aksi unjukrasa ke gedung DPR RI, Jakarta hari ini, Rabu, 25 Januari 2023.

Data yangt dihimpun menyebut, ribuan Kades itu melakukan aksi demonstrasi ke depan gedung DPR RI bertujuan untuk tuntut perpanjangan masa jabatan enam tahun menjadi enam tahun.

Dengan kejadian ini, tentu tidak sedikit masyarakat bertanya-tanya tentang pengertian demonstrasi dan apakah ada landasan hukum aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan Kades tersebut.

Baca Juga: Normalisasi Batang Tapan Rp32 Miliar Rampung, Wabup Pesisir Selatan: Terimakasih Athari

Baca Juga: Simak! Berikut Regimen Vaksin Booster Kedua yang Dapat Digunakan

Baca Juga: Aksi Ribuan Kades Gelar Aksi Demo Tuntut Masa Jabatan 9 Tahun Dinilai Mencederai Birokrasi

Dilansir dari Badan Pusat Statistik atau BPS, demonstrasi atau mogok adalah tindakan massa yang mendukung, menolak, atau mengoreksi kebijakan pemerintah pusat atau daerah.

Demontrasi yang dimaksud adalah demo yang memprotes kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat dan daerah dan bahkan kebijakan di luar negeri/internasional.

Selain itu, demonstrasi juga berarti kekerasan yang merusak secara fisik seperti bangunan, fasilitas umum, sehingga jatuh korban dengan digunakannya benda-benda fisik (batu, kayu, pentungan, water cannon, bom asap, dll) yang dilakukan oleh pendemo maupun apparat.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: bps.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khofifah Klop Cawapres Anies, Ini Alasannya No Debat

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:22 WIB
X