Anggota Legislatif Sebut Hal Ini Lebih Penting daripada Masa Jabatan Kades 9 Tahun

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:24 WIB
Kepala desa demo di gedung DPR.
Kepala desa demo di gedung DPR.

HARIANHALUAN.COM – Usulan perpanjangan masa jabatan kepala desa (Kades) dan perangkat desa menjadi sembilan tahun dari sebelumnya hanya enam tahun menuai polemik.

Untuk memuluskan usulan tersebut agar disahkan, ribuan  Kades yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia atau PPID menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI pada Rabu 25 Januari 2023.

Sebelumnya, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Endro Suswantoro Yahman menilai jabatan kades menjadi sembilan tahun itu terlalu lama dan lebih baik yang sekarang dilakukan adalah mematangkan proses demokrasi di tingkat desa.

Baca Juga: Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, Jhon: Pak Ahok Please Cabut Sumpah Anda!

Baca Juga: Demokrat Pede Duet AHY-Anies Baswedan Bisa Perbaiki Kondisi Negeri Ini

Baca Juga: Rincian Harga Emas Pegadaian Hari Ini 25 Januari 2023, Termurah UBS Rp 1,043 Juta Per Gram

“Ya, tetap enam tahun, jabatan enam tahun atau sembilan tahun mau apa? Terlalu lama, ini sirkulasi elit desa ini harus bergantian dan juga pematangan demokrasi di tingkat masyarakat desa berjalan,” kata Endro sebagaimana dikutip Harianhaluan.com dari video yang diunggah di kanal YouTube DPR RI pada Rabu, 23 November 2022.

Menurut dia, perlu adanya kesinambungan pembangunan di desa yang tak bertumpu pada siapa orangnya, melainkan kepada sistem demokrasi.

“Ini kan perosalan karena kesinambungan pembangunan kan katanya begitu. Kesinambungan pembangunan bukan tertumpu pada orang, tapi sistem, sistem demoktasi,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: YouTube DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X