Wapres Buka Suara Soal Maraknya Pernikahan Anak di Bawah Umur

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:33 WIB
Ilustrasi foto Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin komentari pernikahan dini dari kacamata agama (setneg.go.id)
Ilustrasi foto Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin komentari pernikahan dini dari kacamata agama (setneg.go.id)

HARIANHALUAN.COM – Maraknya permintaan dispensasi pernikahan yang terjadi di sejumlah Pengadilan Agama daerah, mirisnya permintaan dispensasi ini datang dari pasangan remaja yang masih duduk di bangku sekolah dan tercatat masih di bawah umur.

Undang-undang dan imbauan pun telah dilakukan sebagai upaya pencegahan, namun efeknya belum optimal. Sebagaimana data Badan Peradilan Agama yang menyebutkan, permohonan dispensasi pernikahan anak tahun 2022 kurang lebih 50.000.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ikut buka suara menanggapi fenomena ini. Ia mencoba memberi nasihat kepada masyarakat tentang pernikahan usia dini dari kacamata dan pendekatan agama.

Baca Juga: Top! 6 Stadion Standar FIFA Siap untuk Gelaran Piala Dunia U-20 2023, Ini Lokasinya

Baca Juga: Park Bo Gum Dikabarkan Gabung Agensi Sahabatnya V BTS, Ini Kata HYBE

“Memang ada pikiran di masyarakat itu bahwa agama tidak melarang (red: pernikahan usia dini) ini. Oleh karena itu, kita harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat walaupun tidak dilarang oleh agama, tapi agama melarang sesuatu yang membahayakan. Menyuruh kita melakukan hal yang maslahat (kebaikan),” tutur Ma’ruf Amin dalam keterangan persnya usai membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Pemerintah terus berupaya mencegah terjadinya pernikahan usia dini karena banyaknya potensi bahaya yang dapat terjadi, mulai dari stunting, kematian ibu, dan terciptanya keluarga miskin baru.

Baca Juga: Jaga Ketahanan Pangan, Kementan Lakukan 3 Langkah Ini terhadap Ekspor dan Impor

Baca Juga: Aksi Ribuan Kades Gelar Aksi Demo Tuntut Masa Jabatan 9 Tahun Dinilai Mencederai Birokrasi

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: presidenri.go.id, wapresri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X