Komentari Isu Proporsional Tertutup, Ferry Irwandi: Bukan Opini yang Populer

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:43 WIB
Polemik sistem proporsional tertutup, NasDem mulai bereaksi (Tempo.co)
Polemik sistem proporsional tertutup, NasDem mulai bereaksi (Tempo.co)

HARIANHALUAN.COM - Beberapa waktu lalu, isu terkait sistem pemilu proporsional tertutup sukses menyita perhatian publik. Alhasil, kabar tersebut menuai polemik lantaran berhembus jelang Pemilu 2024

Terkait hal itu, YouTuber Indonesia, Ferry Irwandi ikut mengemukakan pendapatnya tentang wacana pelaksanaan pemilu dengan sistem proporsional tertutup.

Dalam video yang berdurasi 12 menit, Ferry Irwandi membeberkan sejumlah alasan mengapa sistem pemilu di Indonesia harus berubah menjadi proporsional tertutup.

Baca Juga: Wisata ke Pantai di Sumbar Sambil Berkemah, Segini Rincian Harga Paketnya, Mulai dari Rp200 Ribuan Saja Loh

Pada awal video dirinya turut mengatakan bahwa opini yang akan dia sampaikan sama sekali bukan opini yang populer untuk diajukan belakangan ini.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa proporsional tertutup menurutnya memiliki kemungkinan untuk menghasilkan pemilu yang lebih baik dari proporsional terbuka.

“ini mungkin bukan opini yang populer, tapi buat gua sekarang proporsional tertutup mungkin saja menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari proporsional terbuka,” kata Ferry Irwandi dalam video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya baru-baru ini.

Baca Juga: Paling Enak Sarapan Soto, Ganjar Kasih Tau Tempat Kuliner Khas Jawa Tengah yang Kuahnya Seger

Kemudian dirinya menegaskan bahwa proporsional tertutup tidak serta merta dapat dikatakan sebagai kemunduran dalam demokrasi.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: YouTube Ferry Irwandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Cawapres 2024, AHY Pasrah: Itu Haknya Mas Anies

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:17 WIB

Hasto Bongkar Deal-dealan PBB Merapat ke PDIP

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB
X