Bupati Solok Ikuti Video Conference Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:06 WIB
Bupati Solok mengikuti video conference rakor inspektur daerah seluruh Indonesia  (Ist)
Bupati Solok mengikuti video conference rakor inspektur daerah seluruh Indonesia (Ist)

HARIANHALUAN.COM - Bupati Solok Epiyardi Asda mengikuti video conference dalam rangka rapat koordinasi dengan inspektur daerah seluruh Indonesia, Rabu, 25 Januari 2023 di ruangan rapat Sekdakab Solok.

Rapat diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) serta launching aplikasi APIP.

Dalam kesempatannya, Jaksa Agung RI Burhanuddin meminta kepala daerah untuk meningkatkan sinergitas, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH).

Baca Juga: Bupati Solok Hadiri Pelantikan Anggota PPS se-Kabupaten Solok untuk Pemilu 2024

Ia juga menegaskan pada APH untuk memperhatikan batasan waktu penyelesaian laporan atau pengaduan berdasarkan hasil pemeriksaan investigatif, dahulukan penyelesaian administratif sebelum menggunakan instrumen pidana.

"Lakukan Monitoring dan Pengawasan secara optimal dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB)" katanya.

Sementara, Kapolri yang diwakili Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Adrianto menekankan kepada APH untuk melakukan pemeriksaan setelah berkoordinasi dengan APIP, untuk itu diperlukan koordinasi yang baik antara APIP dan APH.

Baca Juga: Bupati Solok Resmikan Masjid Darul Jamil Jorong Subarang Nagari Koto Baru

“Polri sangat mengapresiasi inisiasi Kemendagri dalam membangun nota kesepahaman antara APIP dan APH” ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut, untuk memaksimalkan anggaran yang ada di daerah, diperlukan koordinasi dan kerjasama antara pemerintah daerah bersama DPRD, sehingga pemanfaatan anggaran sesuai dan tepat pada hal yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Soal Cawapres 2024, AHY Pasrah: Itu Haknya Mas Anies

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:17 WIB

Hasto Bongkar Deal-dealan PBB Merapat ke PDIP

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB
X