Pemkab Solok Tandatangani MoU Bersama Pemkab Sijunjung Terkait Kerjasama Daerah

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:36 WIB
Pemkab Solok tandatangani MoU bersama Pemkab Sijunjung terkait kerjasama daerah
Pemkab Solok tandatangani MoU bersama Pemkab Sijunjung terkait kerjasama daerah

HARIANHALUAN.COM - Bupati solok Epyardi Asda, beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam rangka penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang kerjasama daerah, di Kantor Bupati Muaro Sijunjung, Rabu, 25 Januari 2023.

Dalam pemaparannya, Bupati Solok menyebut bahwa penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi, Infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di masing-masing kabupaten

Dikatakannya, hal ini sejalan dengan arahan Kemendagri agar menjalin kerjasama antar daerah, terutama daerah yang saling bertetangga.

Baca Juga: Bupati Solok Ikuti Video Conference Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

"Kami siap berkolaborasi bersama, bagaimana Solok dan Sijunjung bisa bekerjasama dan membentuk sinergi dengan baik. Selain itu kita berharap, hasil dari kerjasama ini harus dapat dirasakan oleh masyarakat dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Epyardi Asda.

Senada dengan hal itu, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir juga berharap, kesepakatan bersama antar dua kabupaten bisa berjalan dengan baik.

"Sumber wilayah selatan kita dihubungkan oleh Kiliran Jao tembus sampai Alahan Panjang, akan tetapi itu merupakan jalan provinsi dan juga ada sebagian jalan yg nantinya akan mejadi akses, tetapi itu juga merupakan hutan lindung. Diharapkan nantinya dengan kerjasama dua kabupaten, bisa lebih mudah dalam hal perizinan untuk pembangunan infrastruktur jalan," katanya.

Baca Juga: Bupati Solok Hadiri Pelantikan Anggota PPS se-Kabupaten Solok untuk Pemilu 2024

Benny menyebut, ini merupakan salah satu jalur ekonomi di wilayah selatan yang sangat luar biasa. Dampak yang diuntungkan untuk Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung yaitu apabila jalur tol Dharmasraya bisa diselesaikan, satu pintunya itu akan berada di Kiliran Jao yang tembus langsung ke Alahan Panjang. Ini bisa memperpendek jarak antara Kabupaten Solok dengan Kabupaten Sijunjung.

"Salah satu manfaat dari jalan tersebut ialah hasil bumi dari para petani akan lebih mudah dan cepat di distribusikan antar kabupaten. Kita berharap, dengan perjanjian kerjasama tersebut akan membuahkan bentuk pola kerjasama yang baik. Kami Kabupaten Sijunjung akan terus belajar kepada daerah-daerah lain, salah satunya akan berkolaborasi dengan Kabupaten Solok," tuturnya.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Cara Mengganti Background Zoom di HP, Mudah Banget!

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Ini Menu Andalah RM Payakumbuah Milik Arief Muhammad

Senin, 30 Januari 2023 | 19:04 WIB
X