Meriah dan Semaraknya Acara Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Jokowi: ASEAN Penting dan Relevan

- Minggu, 29 Januari 2023 | 21:43 WIB
Presiden Jokowi Hadiri Acara Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 (kemlu.go.id)
Presiden Jokowi Hadiri Acara Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 (kemlu.go.id)

HARIANHALUAN.COM - Acara Kick Off Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 diselenggarakan di Bundaran Hotel Indonesia pada hari Minggu, 29 Januari 2029 pagi.

Bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), suasana terlihat berbeda dari biasanya dengan adanya Parade Nusantara menambah semaraknya. Barisan parade yang terlihat warna warni terdiri dari marching band, parade pakaian karnaval, kelompok musik perkusi, dan kelompok-kelompok seni khas Jakarta, seperti tarian betawi dan ondel-ondel.

Acara ini ditandai dengan alat musik rebana biang yang dipukul oleh Presiden Joko Widodo di Bundaran Hotel Indonesia dan disaksikan ribuan masyarakat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan optimisme ASEAN akan tetap relevan, menciptakan Indo Pasifik yang damai dan stabil, serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Dibayangi Resesi Global, Indonesia Optimis Pemilu 2024 dapat Dihelat: Fokus Cari Solusi Tanpa Bebankan Rakyat

Baca Juga: Fadli Zon Heran di Arab Harga Akomodasi Turun, Biaya Haji 2023 Indonesia Mahal Dibanding Malaysia

“Saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan, dan bagi dunia,” ujar Jokowi di Bundaran Hotel Indonesia.

Jokowi juga menyebut bahwa saat ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah situasi global sulit. Menurutnya, saat ini dunia masih mengalami berbagai krisis, mulai dari krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, hingga perang yang masih terjadi.

Meski demikian, melalui pengalaman presidensi G20 yang dimiliki Indonesia, keketuaan Indonesia akan berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi ASEAN. Kontribusi tersebut baik dalam bidang perdamaian maupun pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Tidak Bisa Bikin Akun di Dashboard Kartu Prakerja Gelombang 48? Jangan Panik, Simak Tahap-tahapannya di Sini

Baca Juga: Deretan Artis Ibu Kota Terkenal yang Buka Bisnis Rumah Makan atau Masakan Padang, Siapa Saja Ya

“Bahwa ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN Matters, Epicentrum of Growth,” ucap Presiden.

Sebelumnya, serah terima Keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia telah dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu.

Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN sendiri dimulai sejak 1 Januari 2023 dan akan berlangsung selama setahun sampai dengan 31 Desember 2023.

Sebagai salah satu negara pendiri ASEAN dan negara terbesar di ASEAN, banyak pihak menyandarkan harapan pada Indonesia untuk dapat melalukan berbagai terobosan dan inovasi dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang juga dihadapi kawasan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: presidenri.go.id, kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X