Presiden Turki Umumkan 7 Hari Berkabung Nasional Pasca Diguncang Gempa M 7,8

- Selasa, 7 Februari 2023 | 13:30 WIB
Bendera setengah tiang sebagai simbol 7 hari berkabung nasional karena gempa Turki M 7,8 (Foto: AYTAÇ ÜNAL/AA via trtworld.com)
Bendera setengah tiang sebagai simbol 7 hari berkabung nasional karena gempa Turki M 7,8 (Foto: AYTAÇ ÜNAL/AA via trtworld.com)

HARIANHALUAN.COMTurki umumkan 7 hari masa berkabung nasional setelah bencana gempa bumi yang dahsyat dengan kekuatan M 7,8 dan 185 gempa susulan menghancurkan provinsi tenggara negara tersebut.

Berita ini dirilis secara resmi dan langsung oleh President Recep Tayyip Erdo─čan dalam akun Twitternya @RTErdogan pada Selasa, 7 Februari 2023.

Dalam pesan yang diposting di akun Twitter resminya, presiden mengatakan negara itu telah mengumumkan satu minggu berkabung dan akan menurunkan bendera setengah tiang di dalam negeri dan di misi diplomatik di seluruh dunia hingga 12 Februari 2023 mendatang.

Baca Juga: Update Gempa M 7,8 Turki-Suriah: Korban Jiwa Mencapai 4.300 Orang

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Jokowi Titip Pesan untuk Dewan Pers: Jangan Hanya Bicara Kebebasan Pers

“Akibat gempa bumi yang terjadi di negara kita pada tanggal 6 Februari, masa berkabung nasional diumumkan selama tujuh hari. Bendera kita akan dikibarkan setengah tiang hingga matahari terbenam pada hari Minggu, 12 Februari, di seluruh perwakilan negara kita dan asing,” kata Erdogan di akun Twitternya pukul 00.37 WIB.

Sedikitnya 2.921 orang tewas sementara 15.834 lainnya luka-luka menyusul gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6 dengan pusat gempa di Provinsi Kahramanmara┼č menghancurkan 10 provinsi di tenggara negara itu.

Baca Juga: Warganet Heboh Tyo Nugros Tak Menua,  Ikuti Tips Awet Muda Ala Mantan Drummer Dewa 19

Baca Juga: Soroti Isu Agama, Awkarin Auto Dirujak Warganet: Pendapatmu Tidak Penting!

Menurut lembaga Survei Geologi Denmark dan Greenland, getaran dari gempa bumi yang mengguncang Türki dan negara tetangganya Suriah pada Senin dirasakan bahkan hingga Greenland,

Gempa dahsyat berkekuatan M 7,8 pada Senin kemarin adalah salah satu gempa yang paling mematikan di Turki sejak gempa berkekuatan M 7,4 pada tahun 1999 ketika lebih dari 17.000 orang tewas, termasuk sekitar 1.000 korban juga di Istanbul.

Baca Juga: Kemenag Rilis Rencana Perjalanan Haji 2023, Calon Jemaah Cek di Sini Jadwal Lengkapnya

Baca Juga: 3 Upaya Kemenkes Antisipasi Gagal Ginjal Akut Pasca Kembali Memakan Korban 1 Bayi di Jakarta

Beberapa wilayah yang terdampak gempa berkekuatan M 7,8 yang mengguncang Kahramanmaras juga mengguncang kuat beberapa provinsi sekitarnya termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Twitter @RTErdogan, dailysabah.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X