Simak Profil K.H Hasyim Asy'ari, Ulama Pendiri Nahdlatul Ulama (NU)

- Selasa, 7 Februari 2023 | 17:15 WIB
Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H Hasyim Asy'ari ulama  (Dok. Nahdlatul Ulama (NU))
Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), K.H Hasyim Asy'ari ulama (Dok. Nahdlatul Ulama (NU))

HARIANHALUAN.COM- Nahdlatul Ulama (NU) merayakan Milad yang digelar di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, 7 Februari 2023. Acara tersebut juga turut dihadiri Oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), NU didirikan K.H Hasyim Asy'ari ulama dari Jombang.

K.H Hasyim Asy'ari, yang juga seorang kepala pesantren di Jawa Timur. mendirikan sebuah organisasi bernama Nahdlatul Ulama pada 16 Rajab 1344 H ( 31 Januari 1926) di Kota Surabaya.

Hadratussyaikh Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy'ari adalah seorang ulama besar Indonesia dan juga bergelar pahlawan nasional, beliau lahir pada 18 Februari 1971 di Tambakrejo, Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga: Hozon Neta V Muncul Jadi Mobil Listrik Esemka, Wuling Air Ev Santai Sudah di Garasi, Nih Speknya

K.H Hasyim Asy’ari adalah putra dari pasangan K.H. Asy'ari dengan Nyai Halimah. K.H Hasyim Asy’ari juga memiliki anak bernama K.H. A Wahid Hasyim yang merupakan salah satu pahlawan nasional perumus Piagam Jakarta, serta cucunya yakni K.H. Abdurrahman Wahid, merupakan Presiden RI ke-4

K.H Hasyim Asy’ari memiliki julukan Hadratussyaikh yang berarti Maha Guru dan telah hafal Kutubus Sittah sebanyak 6 kitab hadits, serta memiliki gelar Syaikhul Masyaikh yang berarti Gurunya Para Guru.

KH. Hasyim Asy'ari memiliki pandangan tentang Ahlussunnah wal Jama’ah yaitu tidak memiliki makna tunggal, tergantung perspektif yang digunakan. Paling tidak terdapat dua perspektif yang digunakan untuk mendefinisikan Ahlussunnah wal Jama’ah, yaitu teologi dan fiqih.

Baca Juga: Tak Diragukan Lagi! Ternyata ini Sederet Keuntungan Pakai Mobil Listrik

Namun, melalui karya-karya KH. Hasyim Asy'ari, bahwa Ahlussunnah wal Jama’ah pada dasarnya lebih kepada pola keberagaman bermadzhab kepada generasi muslim masa lalu yang cukup otoritatif secara religius.

Adapun karya-karya dari K.H Hasyim asy’ari sebagai berikut:

Risalah Ahlussunnah wal Jama'ah: Fi Hadistil Mauta wa Asyrathis Sa'ah wa Bayani Mafhum Sunnah wal Bid'ah (Paradigma Ahlussunah wal Jama'ah: Pembahasan tentang Orang-orang Mati, Tanda-tanda Zaman, Penjelasan Sunnah dan Bid'ah).

Baca Juga: Presiden Turki Umumkan 7 Hari Berkabung Nasional Pasca Diguncang Gempa M 7,8

Muqaddimah Al Qanun Al Asasi li Jam’iyyah Nahdlatul Ulama

Risalah fi Ta’kidul Akhdzi bi Mazhabil A’immatul Arba’ah

Halaman:

Editor: Dwi Reka Barokah

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X