Gara-gara Konflik Politik, Pemerintah Evakuasi WNI dari Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Nova Anggraini
- Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:20 WIB
Retno Marsudi
Retno Marsudi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengumumkan pemerintah Indonesia telah mengevakuasi sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Afghanistan, menyusul adanya konflik politik di sana.

Retno menjelaskan evakuasi WNI dari Kabul menggunakan pesawat TNI AU. Saat ini pesawat sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Tanah Air.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia," ucap Retno melalui akun Twitternya, Jumat (20/8/2021).

Lebih lanjut, Retno memaparkan, pemerintah membawa pulang 26 WNI termasuk staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Afghanistan. Kemudian lima orang warga negara Filipina dan dua orang warga Afghanistan yang merupakan suami dari WNI dan staf lokal KBRI.

"Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI)," jelas Retno.

Sebagai informasi, gerilyawan Taliban berhasil memasuki Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu 15 Agustus 2021. Dikuasainya Kabul menjadi puncak dari serangan kilat Taliban terhadap pemerintah Afghanistan.

Cepatnya keruntuhan pertahanan pemerintah Afghanistan setelah penarikan pasukan AS dari negara itu telah mengejutkan semua pihak.(*)

 

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X