Duh! Epidemiolog Sebut PPKM Masih Perlu Diperpanjang Lagi, Ini Alasannya

Nova Anggraini
- Senin, 30 Agustus 2021 | 13:20 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berlangsung selama 49 hari atau 7 minggu sejak 12 Juli 2021 lalu yang dimulai dengan PPKM Darurat. Kemudian, disesuaikan dengan PPKM berlevel untuk menentukan status wilayah hingga hari ini 30 Agustus 2021.

Namun, hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari pemerintah pusat PPKM berlevel akan diperpanjang atau tidak. Epidemiolog Griffith EUniversity Australia, Dicky Budiman pun menegaskan bahwa PPKM masih perlu diperpanjang.

Meskipun kasus Covid-19 di Indonesia mulai menurun selama pelaksanaan dilaksanakan. Namun kata Dicky, saat ini gelombang Covid-19 varian Delta masih belum berakhir. “Gelombang varian Delta masih belum berakhir, apalagi episenter varian ini ada di Jawa-Bali dengan rata-rata durasi varian Delta di 10-12 minggu lamanya,” katanya dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Dicky juga mengingatkan agar penanganan Covid-19 di Tanah Air terus belajar dari negara lain. Sebagai contoh di Inggris yang saat ini kembali mengalami kenaikan kasus Covid-19 dari varian Delta. Pasalnya, di Inggris baru-baru ini melakukan pelonggaran aktivitas masyarakatnya yang membuat kenaikan kasus di sana.

“Indonesia harus terus belajar dari penanganan Covid negara lain. Di Inggris kasus kembali meningkat karena melakukan pelonggaran. Dan ini bisa saja terjadi di Jawa-Bali jika dilonggarkan, episenter varian ini ada disana,” paparnya.

Sementara itu, Dicky pun mengingatkan agar dalam penanganan Covid-19 harus terus belajar dari kesalahan yang sebelumnya. Dia mengingatkan jangan sampai terjadi gelombang-gelombang kasus Covid-19 yang lebih besar.

“Gelombang yang lebih besar bukan tidak mungkin akan terjadi, jika tidak belajar dari kesalahan dalam penanganan virus ini,” tegasnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Bulan K3 Nasional 2022, PLN Sumbar Serukan K3 Unggul

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:30 WIB

4 Badut dan 3 Pengemis Ditertibkan Satpol PP Padang

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:15 WIB
X