Tips Penting Untuk Kalian Yang Masih WFH, Dari Mengatasi Sakit Pinggang Sampai Burnout

- Senin, 30 Agustus 2021 | 22:56 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Beberapa daerah memang sudah turun level dari PPKM level 4 ke level 3. Sejumlah aturan pun mulai longgar. Namun, kebijakan work from home (WFH) masih diterapkan oleh mayoritas perusahaan sektor non-esensial. 

Nah, berikut ini tips mengatasi keluhan kesehatan yang kerap muncul selama WFH, seperti gangguan mata dan sakit pinggang. Terlebih lagi, terlalu lama bekerja dari rumah kerap menimbulkan kondisi burnout atau kelelahan mental.

Mata lelah dan sakit pinggang

Kondisi mata lelah dan sakit pinggang merupakan masalah yang sering dialami oleh para pekerja yang melakukan pekerjaannya dari rumah atau work from home. Pasalnya, jam kerja WFH sering tak menentu dan kerap membuat karyawan bekerja lebih lama daripada ketika bekerja di kantor.

Faktor kondisi mata lelah ini biasanya terjadi karena terlalu lama menatap layar laptop, gadget atau ponsel hingga layar komputer. Sedangkan sakit pinggang, terjadi karena duduk yang terlalu lama sehingga pinggang terasa kaku, nyeri, ngilu dan sakit.

Ahli kesehatan sekaligus penulis buku Jurus Sehat Rasulullah, dr Zaidul Akbar memberikan tips sehat cara mengatasi mata lelah dan sakit pinggang karena WFH.

Hal pertama yang dilakukan, dr Zaidul Akbar menyarankan Anda untuk melakukan olahraga ringan di sela-sela waktu istirahat. Olahraga ringan ini disarankan bisa dilakukan per satu jam sekali. Cara ini, bisa dilakukan dengan turun dari kursi lalu Anda melakukan stretching sebentar.

Anda juga bisa latihan bola mata untuk menghindari mata lelah dan memperkuat otot mata, caranya seperti melihat benda yang jauh di sekitarnya dan melihat tumbuhan-tumbuhan hijau di sekitar rumah.

Melihat benda dengan jarak jauh juga melihat tumbuhan-tumbuhan hijau dapat mengimbangi otak dan mata dari dampak buruk gelombang elektromagnetik seperti blue light yang dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X