5 Gerakan Olahraga Aman Bareng Anak di Rumah untuk Merayakan Hari Olahraga Nasional

- Kamis, 9 September 2021 | 17:00 WIB
Olahraga di Rumah
Olahraga di Rumah

Pada setiap tanggal 9 September, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional. Biasanya, peringatan ini akan diadakan lomba-lomba olahraga. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum usai ini, Menpora merayakan Haornas ini secara virtual.

Nah agar perayaan Hari Olahraga Nasional semakin lebih seru, kamu bisa melakukan beberapa gerakan olahraga bersama dengan anak di rumah yang tentunya aman dan ringan.

1. Senam
Gerakan senam merupakan gerakan olahraga yang cukup ringan dan tentunya aman dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Lakukanlah gerakan senam di pagi hari sambil berjemur. Sinar matahari pagi akan membantu untuk menambah vitamin D yang baik untuk tubuh.

Gerakan senam bisa dimulai dari menggerakan leher, bahu, lengan, hingga kaki. Atau, kamu bisa juga melihat contoh gerakan senam yang aman di YouTube.

2. Lempar Bola
Selain senam, gerakan olahraga selanjutnya adalah melempar bola. Kalau kamu memiliki halaman yang luas atau terdapat taman atau lapangan olahraga di sekitar rumah, ajaklah anakmu untuk keluar dan bermain lempar bola bersama.

Caranya adalah, lemparlah bola ke anakmu dan jangan biarkan bola tersebut menyentuh lantai atau tanah sampai mereka menangkapnya. Olahraga ini terbilang cukup simpel, namun sangat bermanfaat bagi motorik si kecil loh! Selain bola, kamu juga bisa menggunakan balon yang ditiup.

3. Menari
Ketiga adalah menari.

Kegiatan menari terdengar seperti bukan bagian dari olahraga. Tapi jangan salah, dengan menari seluruh tubuh akan bergerak dan bisa membakar lemak-lemak yang ada di tubuh. Untuk anak-anak, menari juga dapat membuat tubuh mereka lebih fleksibel, melatih keseimbangan dan koordinasi, dan tidak kaku akibat terlalu lama berada di dalam rumah.

Carilah lagu kesukaan si kecil dan ajaklah menari di untuk mengisi waktu kosong di rumah.

4. Bermain Lompat Tali
Bermain lompat tali bersama dengan anak bisa menjadi kegiatan olahraga yang seru bersama anak-anak. Kamu bisa melakukan permainan ini baik di dalam maupun di luar rumah.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Fimela.com, id.theasianparent.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Deretan Transfer Terbaik Selama Satu Minggu Ini

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:39 WIB

Arsenal Selangkah Lagi Dapatkan Gabriel Jesus

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:35 WIB

Kapan Bundesliga Jerman Musim 2022/23 Dimulai?

Jumat, 24 Juni 2022 | 19:47 WIB
X