Tingkatkan Imun Tubuh dengan 5 Gerakan Olahraga Ringan

- Kamis, 9 September 2021 | 18:00 WIB
Gerakan Olahraga
Gerakan Olahraga

Pandemi virus corona yang masih belum usai ini, masyarakat diimbau untuk menjaga pola hidup sehat dan juga meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari penularan virus. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan olahraga.

Selain meningkatkan imun, olahraga juga dapat membuat tubuh lebih sehat, menjaga daya tahan tubuh, dan juga dapat membuat bentuk tubuh menjadi ideal.

Tapi karena saat ini kita dilarang untuk melakukan banyak aktivitas di luar rumah, kamu masih bisa melakukan gerakan olahraga ringan yang dapat dilakukan di dalam rumah. Lakukanlah gerakan olahraga berikut ini bersama dengan anggota keluarga agar lebih seru.

1. Standing Thoracic Expansion
Selama pandemi, kamu terbiasa untuk mengerjakan seluruh aktivitas di dalam rumah seperti halnya melakukan WFH atau Work From Home. Sistem WFH ini membuat kamu terbiasa untuk duduk di depan laptop sepanjang hari untuk menyelesaikan pekerjaan.

Karena terlalu lama duduk, punggung dan juga bahumu menjadi bungkung dan mungkin terasa sangat pegal. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba gerakan Standing Thoracic Expansion.

Gerakan ini sangat bermanfaat untuk meregangkan dan melemaskan bagian tengah, bawah punggung, dan juga rusuk karena terlalu lama duduk. Gerakan Standing Thoracic Expansion dapat dilakukan dengan cara:

  • Satukan kedua telapak tangan dan regangkan ke atas dan selanjutnya ke arah punggung. Saat melakukan gerakan, busungkan dada dan dongakkan kepala ke arah langit-langit.
  • Saat tangan sudah hampir mencapai punggung, pisahkan telapak tanganmu dan rentangkan sejauh mungkin dan kembali lagi pada posisi pertama. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dena 3-5 set.

2. Supported Squat and Forward Bend
Gerakan kedua ini hampir sama dengan gerakan olahraga yang pertama, tetapi gerakan ini lebih berfokus untuk meregangkan pinggul, punggung, dan juga hamstring.

Caranya:

  • Siapkan 1 buah kursi
  • Berpeganglah pada kursi tersebut dan lakukan posisi squat. Lakukan posisi squat ini serendah yang kamu bisa, tetapi jangan sampai kamu merasa sakit.
  • Selanjutnya bangunlah dari posisi squat dan bungkukkan badan ke arah depan dengan punggung yang tetap lurus, sementara tarik pinggul ke arah yang berlawanan.
  • Tunggulah beberapa detik dan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan Supported
  • Squat and Forward Bend sebanyak 10 kali dengan 3-5 kali set.

3. Supported Side-Bend Lunge
Gerakan Supported Side-Bend Lunge ini berfungsi untuk meregangkan kedua sisi di bagian atas dan bawah tubuh. Sama seperti gerakan sebelumnya, kamu juga harus menyiapkan kursi ya.

Caranya:

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: idn times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jules Kounde Kian Mendekat ke Chelsea

Jumat, 27 Mei 2022 | 10:25 WIB
X