Moise Kean, Pemain Keturunan Pantai Gading yang Membela Timnas Italia

- Jumat, 10 September 2021 | 00:30 WIB

Nama Moise Kean saat ini sedang menyita perhatian para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Aksinya saat membawa kemenangan Italia atas Lithuania pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa ini membuat dirinya dikenal lebih luas. 

Moise Kean mencetak dua gol saat pertandingan melawan Lithuania. Menariknya saat dimainkan dilaga tersebut, Kean diposisikan di sayap kiri yang sebenarnya bukan posisi pemain muda ini. Namun itu bukan hal penting bagi pemain yang kini berusia 21 tahun. Ia berhasil membuktikannya dengan dua gol dan membawa Italia meraih kemenangan yang sempurna dengan Lithuania 5-0. 

Roberto Mancini sebelumnya tidak memasukan nama Moise Kean dalam skuad Italia pada Euro 2020 yang lalu. Pemain yang kini memperkuat Juventus ini dipanggil lagi oleh Mancini setelah Italia mendapatkan dua hasil yang kurang memuaskan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Pemanggilan Kean ini sangat tepat karena setelah itu ia berhasil menjadi pahlawan bagi Italia saat pertandingan melawan Lithuania.

Pemain Keturunan Pantai Gading

Moise Kean yang memiliki nama lengkap Bioty Moise Kean ini lahir di kota Vercelli, Italia dari keluarga yang berasal dari Pantai Gading. Ia mulai menyukai sepak bola sejak kecil ketika ia dan keluarganya menetap di kota Asti yang masih satu wilayah dengan kota kelahirannya yakni Piedmont. Ia menghabiskan masa kecil dan remaja di kota Asti dan bakatnya dilihat oleh Renato Biasi mantan kiper yang pernah memperkuat Torino. Kean kecil mulai membela klub Asti junior sebelum Biasi menawarkan ke klub Torino junior pada tahun 2010.

Baca Juga: Dusan Vlahovic Wonderkid Fiorentina yang Menjadi Incaran Klub-Klub Top Eropa

Kean yang saat itu berusia 10 tahun akhirnya menyetujui untuk masuk dalam skuad Juventus junior. Kontrak dengan Torino gagal dan ia memilih klub asal Turin lainnya yakni Juventus yang rival dari Torino. Ia memperkuat Juventus junior dari tahun 2010 hingga tahun 2016 dan menjadi pemain yang paling menonjol di skuad Juventus junior.

19 November 2016, Moise Kean memulai debut profesional pertamanya bersama Juventus saat masuk menggantikan Mario Mandzukic di menit ke-84. Ia saat itu baru berusia 16 tahun dan menjadi pesepak bola pertama kelahiran tahun 2000 yang tampil di empat kompetisi bergengsi di Eropa. 

Moise Kean belum mendapatkan tempat di skuad utama Juventus saat itu dan ia sempat dipinjamkan ke Hellas Verona selama semusim 2017-2018. Musim selanjutnya ia juga kurang mendapatkan menit bermain hingga akhirnya hengkang ke Everton pada musim panas 2019. Di Everton, Kean kurang menunjukan penampilan terbaiknya yang kemudian ia dipinjamkan ke PSG semusim.

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atletico Madrid Incar Marcos Alonso

Senin, 24 Januari 2022 | 07:30 WIB

Empoli vs AS Roma: Giallorossi Gilas Gli Azzurri 2-4

Senin, 24 Januari 2022 | 02:50 WIB

Arsenal vs Burnley: The Gunners Gagal Raih Poin Penuh

Senin, 24 Januari 2022 | 00:35 WIB

3 Alasan Newcastle United Harus Rekrut Jesse Lingard

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:18 WIB

5 Klub yang Berpeluang Pinjam Bryan Gil dari Tottenham

Minggu, 23 Januari 2022 | 22:09 WIB
X