Mengenang Jean-Pierre Adams, Pesepak Bola yang Koma Selama 39 Tahun

- Jumat, 10 September 2021 | 14:02 WIB

Jean-Pierre Adams adalah mantan pemain internasional Prancis dan juga pernah memperkuat Paris Saint-Germain atau PSG semasa ia masih berkarir di dunia sepak bola. Pesepak bola yang lahir di Dakar, Senegal 10 Maret 1948 ini menjalani masa kecilnya di Senegal yang saat itu negara tersebut masih termasuk wilayah jajahan Prancis. 

Adams mulai bermigrasi ke Prancis pada saat usianya masih 10 tahun. Ia diadopsi oleh keluarga Prancis dan memulai karir sepak bolanya di kota Loiret sambil bekerja di sebuah pabrik karet di kotanya. 

Karir sepak bolanya dimulai ditahun 1967 ketika ia dipercaya menjadi striker untuk klub Entente BFN yang mengikuti kejuaraan amatir Championnat de France Amateur. Meskipun kejuaraan amatir, namun kejuaraan ini juga diawasi oleh Federasi Sepak Bola Prancis. Karirnya di klub tersebut bertahan hingga tahun 1970 dan ia mampu membawa Entente BFN menjadi finalis di kejuaraan tersebut dua kali.

Memasuki era 70an, Adams menjalani karirnya di klub Nimes dari tahun 1970-1973. Ia sukses membantu klubnya masuk di posisi teratas klasemen Division 1 yang sekarang bernama Ligue One. Tahun 1973, ia menjalani karir sepak bolanya di klub Nice hingga tahun 1977. Adams yang kemudian berposisi menjadi pemain bertahan setelah lepas dari Entente BFN ini berhasil membawa Nice di lima besar musim kompetisi Division 1 1973/1974.

Adams melanjutkan karir sepak bola nya di penghujung era 70an dengan memperkuat Paris Saint-Germain dari tahun 1977-1979. Ia mencatatkan 44 penampilan bersama PSG dan menyumbang 1 gol untuk klub ibu kota tersebut. Ia juga sempat membela timnas Prancis pada tahun 1972-1976 meskipun tidak masuk dalam skuad utama. 

Era 80an dan Menjadikan Era Terakhir Bagi Adams Melihat Suasana Sekitar

Memasuki era 80an, Adams melanjuti karirnya di klub Chalon. Di klub amatir tersebut ia berprofesi sebagai pelatih sekaligus pemain. Setelah karirnya menurun, ia memutuskan untuk pensiun dari sepak bola di tahun 1981 diusianya yang ke 33 tahun.

Pada hari Rabu 17 Maret 1982, Adams yang berusia 34 tahun ini menjalani operasi setelah mengalami cedera lutut. Operasi tersebut dilakukan di sebuah rumah sakit di kota Lyon, Prancis. Bernadette sang istri mengantar suaminya ke rumah sakit tersebut dan menunggu sampai selesai operasi.

Para dokter dan staf yang menangani operasi Adams tersebut melakukan kesalahan fatal memberikan dosis anestesi (bius total) yang berlebihan. Akibatnya ia kekurangan oksigen yang membuat kerusakan pada otaknya. Kejadian fatal tersebut membuat dirinya mengalami koma. 

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Lengkap Calon Tetap Komite Eksekutif PSSI

Selasa, 7 Februari 2023 | 07:06 WIB
X