Sejarah Sepakbola Dunia dan Indonesia, Olahraga yang Sempat Dilarang

- Kamis, 16 September 2021 | 17:55 WIB
Sejarah sepakbola (Sumber gambar: Pixabay.com)
Sejarah sepakbola (Sumber gambar: Pixabay.com)

 

HARIANHALUAN.COM - Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang saat ini populer di dunia. Dilansir melalui liputan6.com, World Atlas mengatakan di akhir tahu 2020, sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia, dengan perkiraan 3,5 miliar penggemar. Sepakbola cenderung dekat dengan kehidupan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Kerap dijumpai anak-anak bermain sepakbola, meski tidak di lapangan sepakbola.

Sejarah Sepakbola di Dunia

Dengan kepolurennya tersebut, bagaimana sejarah sepakbola di dunia beserta perkembangannya, termasuk di Indonesia.

Tiongkok

Secara garis waktu, sejarah sepakbola dunia diawali dari Tiongkok. Sejarah sepak bola tercatat bermula pada masa pemerintahan dinasti Han, sekitar abad ke-2 sampai ke- 3 Masehi.

Pada saat itu, permainan sepakbola dimulai dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulung berbentuk seperti bola.Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan sepak bola saat ini. Dengan cara memasukkan bola ke dalam jaring kecil. Pada masa itu permainan tersebut disebut dengan istilah Thu chu.

Jepang

Sepakbola di Jepang disebut dengan 'Kamari'. Alat yang digunakan sama seperti bola, terbuat dari kulit kijang yang digulung menjadi bulat. Permainan ini menjadi salah satu permainan yang digemari di Jepang pada masa itu. Nampak dari banyaknya orang yang bermain di jalanan yang kosong untuk memainkan 'Kamari' di Jepang.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Liputan6.com, detik.com, Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Bintang Muda Harapan Masa Depan Arsenal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:43 WIB

Antonio Conte Siap Latih Manchester United

Selasa, 26 Oktober 2021 | 00:15 WIB

Marco Verratti Cedera, PSG Ditahan Imbang Marseille

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:55 WIB
X