PON XX Tetap Maju, Papua Tak Gentar Aksi Kekerasan dan Komitmen Cegah Klaster Baru Covid-19

- Minggu, 19 September 2021 | 09:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di tengah persiapan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 (PON XX), Papua justru dirundung duka. Rentetan serangan dilancarkan oleh Kelompok kriminal bersenjata (KKB), hingga menewaskan warga sipil dan aparat keamanan.

Belum lama ini, seorang tenaga kesehatan bernama Gabriela Meilan bahkan ikut menjadi korban ulah KKB ini. Gabriela ditemukan meninggal dunia dalam jurang sedalam 30 meter.

Baca Juga: Berlaga di PON XX Papua 2021 Mendatang, Wagub Audy Minta Tim PSOI Tunjukkan Prestasi Terbaik

Dia ditemukan bersama rekannya, Kristina Sampe Tonapa setelah dinyatakan hilang setelah KKB membakar Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dan menyerang enam tenaga kesehatan pada Senin, 13 September 2021.

Yang memilukan, mereka dilecehkan dan dianiaya. Kristina ditemukan dalam keadaan hidup, sedangkan Gabriela tewas mengenaskan. Kepergian Gabriela pun membawa awan duka di atas tanah Papua.

Baca Juga: PLN Gelontorkan Rp 313 Miliar untuk Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

Pada Kamis, 16 September 2021, ratusan nakes menggelar aksi berjalan kaki mengelilingi Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Aksi ini merupakan ungkapan dukacita dan penghormatan bagi Gabriela.

Ungkapan belasungkawa pun berdatangan, termasuk dari Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan menyampaikan duka yang mendalam sekaligus mengutuk aksi tersebut.

“Agar aparat TNI terus menumpas habis para teroris KKB. Supaya tidak ada Gabriela-Gabriela lain yang menjadi korban,” kata Puan dalam keterangannya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

3 Dosa Ronald Koeman Selama Tangani Barcelona

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:17 WIB

3 Bintang Muda Harapan Masa Depan Arsenal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:43 WIB

Antonio Conte Siap Latih Manchester United

Selasa, 26 Oktober 2021 | 00:15 WIB

Marco Verratti Cedera, PSG Ditahan Imbang Marseille

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:55 WIB
X