Angelo Di Livio, Datang dari Tim Musuh dan Menjadi Pahlawan La Viola

- Jumat, 24 September 2021 | 17:10 WIB

Pada Era 90an khususnya di Italia, Liga Italia menjadi pusat perhatian para penggemar sepak bola dunia. Pemain-pemain top dunia banyak yang bermain untuk tim-tim Liga Italia di era 90an.

Selain itu sebutan Magnificent Serie A juga populer di era 90an. Sebutan tersebut ditujukan untuk tujuh tim Italia yang menjadi kekuatan Italia di kompetisi domestik dan Eropa.

Magnificent Serie A pun mulai kehilangan salah satu anggotanya di awal era 2000an. Fiorentina salah satu tim Magnificent Serie A ini dinyatakan bangkrut di tahun 2002.

Kepergian Batistuta ke AS Roma di tahun 2000 menjadi pertanda keuangan Fiorentina saat itu sedang tidak bagus. Batistuta yang masih ingin membela La Viola terpaksa dijual oleh pihak klub untuk menutupi hutang tim.

Musim selanjutnya Fiorentina berhasil meraih gelar keenam Coppa Italianya namun hal tersebut tak bisa membuat keuangan La Viola semakin membaik. Rui Costa dan Francesco Toldo memilih untuk pergi dari Firenze setelah Fiorentina berhasil meraih gelar Coppa Italia keenam.

Setelah kepergian Batistuta, Rui Costa, dan Francesco Toldo, La Viola masih tetap bertahan dengan pemain ikoniknya seperti Nuno Gomes, Predrag Mijatovic, Enrico Chiesa, Moreno Torricelli, dan Angelo Di Livio.

Namun meskipun La Viola masih diperkuat oleh pemain-pemain ikoniknya, kebangkrutan tak bisa dihindarkan. Seusai musim 2001/2002, Fiorentina dinyatakan bangkrut dan harus bermain di Serie C2 dengan nama baru Florentia Viola.

Baca Juga: Mengapa Klub-Klub Italia Selalu Diancam Dengan Kebangkrutan?

Pemain-pemain Fiorentina pun berstatus bebas transfer dan dipersilahkan untuk hengkang. Tak ada pesepak bola top yang ingin bermain di Serie C2 kompetisi kasta keempat di Italia.

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: Pandit Football

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Anthony, Bintang Baru Ajax dari Brasil

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:01 WIB

SEA Games Ditunda Sampai Mei 2022

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:42 WIB

PON XX Papua Sumbang 176 Kasus Positif Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:42 WIB

Atasi Torino, Napoli Kini Berburu Scudetto Ketiga

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Terpopuler

X