Borussia Monchengladbach, Raksasa Jerman Era 70an yang Belum Terbangun dari Tidurnya

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 19:30 WIB
Borussia Monchengladbach 1976/1977
Borussia Monchengladbach 1976/1977

Liga Jerman atau Bundesliga memang tak semegah Liga Inggris atau Liga Italia yang sudah mempunyai nama lebih dulu. Baik Liga Inggris maupun Liga Italia keduanya adalah dua kompetisi sepak bola tertua di benua biru. Inggris dan Italia juga menjadi negara-negara pelopor sepak bola modern. 

Bundesliga baru dibentuk pada tahun 1962 di kota Dortmund dan memulai musim pertamanya di tahun 1963. Sebelumnya kompetisi sepak bola di Jerman diadakan hanya dalam tingkat amatir hingga tahun 1949 mulai ditingkatkan lagi levelnya ke tingkat semi profesional. 

Sepanjang era 50an tim-tim semi profesional di Jerman serta para penggemar sepak bola di Jerman mendesak Jerman untuk membuat kompetisi yang lebih kompetitif agar bisa bersaing dengan kompetisi sepak bola di Inggris dan Italia. Ditambah lagi sudah ada beberapa pemain Jerman yang sudah membela klub di luar negara Jerman. 

Pada era 50an Jerman sudah terbagi dua yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Jerman Barat berhasil memenangkan gelar Piala Dunia 1954 yang saat itu timnas Jerman Barat tak dianggap sebagai salah satu tim kuat. Gelar tersebut adalah gelar Piala Dunia pertama yang mampu diraih oleh Jerman khususnya Jerman Barat. 

Kesuksesan timnas Jerman Barat dan kota-kota yang berada wilayah Jerman Barat memiliki banyak klub sepak bola membuat Jerman makin serius untuk mendirikan kompetisi sepak bola yang profesional. Alhasil ditahun 1963 rencana dan impian dari penggemar sepak bola di Jerman tentang kompetisi sepak bola profesional bisa terealisasi.

Bundesliga musim pertama diikuti oleh 16 klub di Jerman Barat dan dimenangkan oleh FC Koln. Bayern Munich baru bergabung di kompetisi Bundesliga pada musim ketiga tepatnya di musim 1965/1966. Klub yang berasal kota Munich tersebut berhasil meraih gelar pertama Bundesliga di tahun 1969. 

Baca Juga: Mengenang Kejayaan Torino, Raksasa Italia Era 40an dan Tragedi 4 Mei 1949

Bayer Munich langsung menjelma sebagai kekuatan Jerman khususnya Jerman Barat. Hingga kini klub tersebut pun masih menjadi salah satu wakil Jerman yang membanggakan di kompetisi Eropa. 

Namun apabila kembali di era 70an terutama di Bundesliga ada klub yang mampu bersaing dengan Bayern Munich dan memiliki gelar Bundesliga terbanyak di era 70an. Klub tersebut ialah Monchengladbach">Borussia Monchengladbach yang berhasil meraih lima gelar Bundesliga di era 70an.

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: Pandit Football

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Frenkie de Jong Kian Mendekat ke Manchester United

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:15 WIB

Arsenal Resmi Dapatkan Gabriel Jesus

Senin, 27 Juni 2022 | 08:46 WIB
X