Barcelona Akan Merenovasi Camp Nou, Stadion Johan Cruyff Jadi Pilihan Utama

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 18:05 WIB

Barcelona dikabarkan akan merenovasi stadion Camp Nou pada tahun 2022. Camp Nou yang resmi berdiri pada 24 September 1957 ini sebentar lagi akan memiliki kapasitas penonton yang lebih besar. Markas Barcelona ini akan direnovasi semuanya dan nantinya akan menjadi salah satu stadion termegah di benua biru. 

Joan Laporta, Presiden Barcelona mengatakan Barcelona akan pindah markas selama setahun karena pertandingan sepak bola tak akan bisa digelar di Camp Nou ketika stadion sedang direnovasi. Pemeliharaan stadion sangat penting agar stadion tetap nyaman digunakan oleh para pemain ataupun penonton yang hadir di stadion.

Proses renovasi Camp Nou akan memakan waktu selama empat tahun. Proyek ini baru akan dimulai pada tahun 2022. Meskipun kini Barcelona sedang berhemat namun renovasi Camp Nou harus tetap dilakukan. Jika proses renovasi berjalan lancar dan tepat waktu, Camp Nou nanti akan memiliki kapasitas 110.000 penonton. 

Dengan penambahan kapasitas penonton di Camp Nou diharapkan akan menambah jumlah penonton yang hadir di stadion. Hasil dari penjualan tiket juga berpengaruh besar bagi keuangan tim apalagi seperti saat ini Barca yang membutuhkan uang banyak agar keuangan tim tetap stabil. 

Baca Juga: Napoli dan Kenangan Maradona, serta Misi Untuk Meraih Scudetto Ketiga

Tak hanya bagian stadion saja yang direnovasi, toko yang menjual pernak-pernik Barcelona dan museum yang berada di area Camp Nou juga direnovasi. Hal itu harus dilakukan oleh Barcelona agar para penonton yang hadir ke Camp Nou semakin nyaman. Apalagi Barcelona adalah salah satu klub yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia. 

Dikutip dari GQ Magazine UK, Camp Nou kedatangan 32 juta penggemar pada tahun 2016. Barcelona juga membuka tour ke area stadion Camp Nou untuk para penggemar dari seluruh dunia yang datang ke Camp Nou. Hal tersebut menjadi salah satu alasan pihak manajemen Barcelona memilih untuk merenovasi Camp Nou pada 2022 nanti.

Namun realitasnya Barcelona harus meminjam uang karena dana untuk merenovasi stadion tak cukup. Menurut laporan dari Marca, Blaugrana kini dilaporkan dalam pembicaraan dengan Goldman Sachs untuk peminjaman uang senilai 1,27 miliar pound sterling.

"Camp Nou yang baru sangat penting untuk kelangsungan hidup klub dan masa depan. Dampaknya bagi Barcelona sangat penting sehingga kami dapat bersaing dengan pesaing kami yang telah melakukan apa yang dibutuhkan," kata Laporta kepada radio Catalan Rac1 dilansir dari bola.com

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: Marca, bola.com, GQ Magazine UK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adrien Rabiot Selangkah Lagi Gabung Manchester United

Senin, 15 Agustus 2022 | 03:05 WIB

Apakah Kontrak Baru Buat Kylian Mbappe Besar Kepala?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:06 WIB
X