Semakin Canggih, Inilah Alasan Penggemar Balap Formula E Meningkat

Milna Miana
- Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mobil listrik saat ini mulai serius dikembangkan. Salah satu alasannya adalah demi efisiensi serta menekan jumlah polusi udara. Tak hanya buat mobil massal, namun mobil listrik juga dikembangkan untuk balapan, seperti Formula E.

Mobil balap Formula E generasi pertama yang digunakan bernama Spark-Renault SRT_10E yang memiliki daya sebesar 190 kW atau setara dengan 250 tenaga kuda. Mobil generasi kedua bernama Spark SRT05e yang mempunyai tenaga 250 kW dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 280 km per jam. Mobil generasi ketiga direncanakan akan digunakan pada musim balap 2022-2023 yang diperkirakan mempunyai tenaga 350 kW.
 
Baca Juga: Indonesia jadi Host Formula E 2022

Seiring perkembangannya di Formula E, sudah ada lebih dari satu mobil yang dibuat. Dibanding generasi sebelumnya, sudah jelas mobil generasi terbaru punya performa yang lebih ciamik. Mobil balap listrik Formula E generasi ketiga atau Gen3 akan mengalami beberapa perubahan besar dibandingkan pendahulunya.

Pasalnya, dua komponen terpenting dari mobil balap yang akan mengaspal pada tahun 2023 tersebut akan dipasok oleh nama-nama baru.
 
Baca Juga: Formula E Bakal Dongkrak Citra Indonesia

Komponen pertama adalah ban, yang nantinya akan dipasok oleh Hankook menggantikan posisi Michelin sebagai pemasok ban tunggal untuk balapan Formula E.

“Perusahaan kami berjalan seiringan dengan Formula E menuju pertumbuhan berkelanjutan, dan kami senang menjadi bagian dari perjalanan tersebut sebagai partner mereka untuk (memasok ban mobil) Gen3,” ucap Sooil Lee, selaku President and COO of Hankook Tire & Technology dalam siaran persnya.

Ini tentunya menjadi hal menarik bagaimana kelanjutan ajang Formula E yang akan diselenggarakan di Jakarta. Ajang balap mobil ramah lingkungan ini tentunya sangat dinantikan oleh para pecinta autosport dan menjawab rasa penasaran bagaimana sebuah mobil listrik digunakan untuk balapan. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Frenkie de Jong Kian Mendekat ke Manchester United

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:15 WIB

Arsenal Resmi Dapatkan Gabriel Jesus

Senin, 27 Juni 2022 | 08:46 WIB
X