Alberto Longo: Formula E Gawean Indonesia, Bukan Jakarta Saja

Milna Miana
- Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:15 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tahun depan Indonesia menjadi tuan rumah balap mobil listrik dunia Formula E. Gelaran Formula E di Jakarta akan mensejajarkan Indonesia dengan negara di Asia Tenggara, seperti penyelenggaraan F1 GP Singapura dan MotoGP dan Malaysia. Oleh karena ini event ini disebut sebagai gawean Indonesia bukan Jakarta saja.

Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo menyampaikan bahwa Indonesia sangat strategis untuk Formula E, dengan jumlah penduduk 280 juta dimana sebagian besar didominasi oleh generasi milenial yang memiliki hasrat yang kuat pada autosport.

Baca Juga: Indonesia jadi Host Formula E 2022

“FEO mengucapkan selamat dan menyambut baik Indonesia sebagai tuan rumah E-Prix 2022. Bagi Indonesia, Penyelenggaraan Formula E merupakan media yang penting untuk mempromosikan industri Kendaraan Listrik (EV) dan energi bersih”, ungkap Alberto.

Terkait penundaan pelaksanaan Formula E selama 2 tahun ini ternyata menjadi perbincangan masif di berbagai media nasional dan media sosial, pasalnya publik semakin penasaran terkait perhelatan Jakarta E-Prix 2022 merupakan event yang sangat menarik bagi publik Indonesia.

Baca Juga: Formula E Bakal Dongkrak Citra Indonesia

Penyelenggaraan Formula E dinilai sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo terkait upaya peralihan energi konvensional ke energi yang lebih ramah lingkungan, hal ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam melakukan hilirisasi industri berbasis pengembangan inovasi teknologi. Seperti yang disampaikan Presiden pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan sekaligus menunjukkan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan event otomotif berskala internasional seperti Moto GP di Mandalika dan Formula-E di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta dinilai serius dalam meningkatkan kualitas udara di ibu kota. Anies Baswedan, Gubernur, percaya bahwa beralih dari mobil pribadi ke angkutan umum dan mempromosikan penggunaan EV harus dilakukan, apalagi sekitar 70% dari polusi karbon di Jakarta dihasilkan oleh mobil.

“Ini adalah upaya lintas generasi, melibatkan generasi milenial adalah kunci sukses dan Formula E adalah alat yang efektif”, kata Anies.
Pihak penyelenggara juga akan menyampaikan kepada dunia bahwa Jakarta dan Indonesia telah siap dalam penyelenggaraan ini, Indonesia juga cukup sukses dalam penanganan pandemi Covid-19 dan siap menyambut para wisatawan dan investor.

Setelah hampir 2 tahun mengalami perlambatan laju ekonomi, saat ini Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi berhasil menunjukkan tanda-tanda pemulihan ekonomi yang kuat. Pada triwulan kedua tahun 2021, perekonomian jakarta dan di Indonesia tumbuh sebesar 10,9% dan 7,1% pada tahun ini.

"Dengan dukungan penuh pemerintah pusat, kami juga membutuhkan dukungan dari dunia internasional untuk memastikan pemulihan ekonomi terus berlanjut sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi," pungkas Alberto menceritakan pembicaraan dengan Gubernur Anies Baswedan.

Balapan Formula E memang dianggap menjadi masa depan balapan karena canggih dan ramah lingkungan. Karena menggunakan tenaga listrik maka emisi yang dihasilkan adalah nol, berbeda dengan mobil konvensional.

Dalam gelaran Formula E, mobil generasi pertama yang digunakan bernama Spark-Renault SRT_10E yang memiliki daya sebesar 190 kW atau setara dengan 250 tenaga kuda. Mobil generasi kedua bernama Spark SRT05e yang mempunyai tenaga 250 kW dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 280 km per jam. Mobil generasi ketiga direncanakan akan digunakan pada musim balap 2022-2023 yang diperkirakan mempunyai tenaga 350 kW. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Pep Guardiola Ingin Manchester City Boyong Dani Olmo

Minggu, 28 November 2021 | 02:30 WIB

Liverpool vs Southampton: The Reds Gilas The Saints 4-0

Minggu, 28 November 2021 | 01:42 WIB

Messi Pemenang, Hasil Ballon d'Or 2021 Bocor ke Publik

Sabtu, 27 November 2021 | 22:30 WIB

5 Pemain yang Seharusnya Sudah Menangkan Ballon d'Or

Sabtu, 27 November 2021 | 19:32 WIB

3 Kandidat Terkuat untuk Menangkan Ballon d'Or 2021

Sabtu, 27 November 2021 | 13:49 WIB

Jadwal Liga Jerman Pekan Ini: Wolfsburg Jamu Dortmund

Sabtu, 27 November 2021 | 02:00 WIB

Jadwal Liga Italia Pekan Ini: Napoli Tantang Lazio

Sabtu, 27 November 2021 | 00:15 WIB
X