3 Hal yang Bisa Diberikan Xavi Hernandez ke Barcelona

- Sabtu, 6 November 2021 | 14:27 WIB
Xavi Hernandez (Dwi Prima Putra)
Xavi Hernandez (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - Bursa calon pelatih Barcelona akhirnya terjawab pada akhir pekan ini, Xavi Hernandez resmi menjadi pelatih kepala baru klub asal Catalan setelah pembicaraan panjang dengan klub Qatar, Al Sadd.

Al Sadd pada awalnya masih berharap bisa menahan Xavi di klub setelah beberapa musim yang sukses, tapi Al Sadd juga memiliki janji kepada pria asal Spanyol itu untuk mengizinkannya pergi apabila Barcelona memanggil.

Barcelona akhirnya datang pada akhir tahun ini, mereka melirik Xavi sebagai orang yang tepat untuk menjadi pelatih kepala baru, menggantikan peran Ronald Koeman yang dipecat karena dianggap gagal.

Pertanyaan lalu muncul, tentang apa yang bisa dibawa Xavi ke Barcelona mengingat pengalaman melatihnya hanya berada disekitar sepak bola Asia, tepatnya di Qatar. Xavi bahkan belum pernah mencicipi kerasnya kompetisi sepak bola Eropa.

Berikut ini adalah 3 hal yang bisa diberikan Xavi Hernandez pelatih Barca:

1. Permainan Tiki-Taka

Sejak kepergian Pep Guardiola, Barcelona dinilai hanya memainkan sepak bola menyerang ala tiki-taka di era Luis Enrique, ketika mereka masih diperkuat oleh trio MSN yakni Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar. Dan setelah Enrique pergi, gaya bermain Barca dinilai mengalami perubahan drastis.

Apalagi ketika Koeman berada di klub, pelatih asal Belanda itu tidak sungkan-sungkan untuk memainkan gaya bermain yang berbeda, dan bahkan sempat menggunakan formasi tiga bek. Barcelona yang sebagai klub dikenal karena filosofinya, tentu membutuhkan sosok seperti Xavi, orang yang begitu mengenal klub.

Xavi merupakan salah satu pemain yang dalam kariernya berhasil menerapkan taktik tiki-taka dengan sangat baik, hal yang juga ia terapkan ketika menjadi pelatih bersama Al Sadd. Sebagai pria asli Barcelona, Xavi sadar betul akan gaya permainan Barca yang kini harus kembali ke DNA klub, dan dia adalah sosok yang tepat untuk memberi pelajaran tentang gaya bermain tiki-taka.

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inter Milan Pinjamkan Stefano Sensi ke Sampdoria

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:01 WIB

Fiorentina vs Genoa: La Viola Bantai Grifone 6-0

Selasa, 18 Januari 2022 | 04:50 WIB

Sampdoria Resmi Pecat Roberto D'Aversa

Selasa, 18 Januari 2022 | 01:05 WIB

Xavi Izinkan Ousmane Dembele Tinggalkan Barcelona

Selasa, 18 Januari 2022 | 00:25 WIB

GOR Marahadin Kota Solok Segera dapat Dinikmati 

Senin, 17 Januari 2022 | 21:59 WIB

AC Milan Tak Butuh Pengganti Fikayo Tomori

Senin, 17 Januari 2022 | 07:00 WIB

Everton Siap Pecat Rafael Benitez

Senin, 17 Januari 2022 | 00:05 WIB
X