Italia vs Swiss: Jorginho Gagal Bawa Azzurri Raih 3 Poin

- Sabtu, 13 November 2021 | 10:33 WIB
Jorginho gagal eksekusi penalti
Jorginho gagal eksekusi penalti

Italia harus puas dengan hasil imbang pada pertandingan ke-9 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa kontra Swiss. Tim asuhan Roberto Mancini ini seharusnya bisa memenangkan laga ini jika Jorginho mampu mengeksekusi penalti menjelang babak kedua berakhir. 

Pertandingan ini digelar di Olimpico, Sabtu (13/11/2021) 02.45 WIB. Italia yang bertindak sebagai tim tuan rumah ini diunggulkan untuk memenangkan pertandingan ini. Namun Swiss akan berusaha untuk mengalahkan tim tuan rumah.

Italia sudah menjalani enam pertandingan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan hasil empat kemenangan dan dua hasil imbang. Azzurri kini mengoleksi 14 poin dan Swiss berusaha membuntuti dengan poin yang sama. 

Pada pertandingan ini Italia tak diperkuat oleh Lorenzo Pellegrini, Nicolo Zaniolo, dan Ciro Immobile karena mengalami cedera. Posisi Immobile digantikan oleh Andrea Belotti di lini depan untuk menggebrak pertahanan lawan serta mencetak gol.

Baca Juga: Mengenang Socrates, Si Bengal yang Tetap Jadi Legenda Brasil

Sementara itu Swiss dipastikan tak akan diperkuat oleh Granit Xhaka, Haris Seferovic, Nico Elvedi, Breel Embolo, Gregor Kobel, Zesiger, Christian Fassnacht dan Zuber karena mengalami cedera. Murat Yakin harus memutar otak untuk mencari alternatif agar tim asuhannya bisa mengalahkan Italia dan menjadi pemuncak klasemen Grup C. 
 
Banyaknya pemain Swiss yang cedera tak membuat Murat Yakin patah semangat. Denis Zakaria dipastikan siap untuk mengisi lini tengah Swiss pada pertandingan kontra Italia setelah selesai menjalani skorsing. 
 
Babak pertama dimulai dengan Italia yang mendominasi penguasaan bola pada menit awal pertandingan. Federico Chiesa dan kolega terus berusaha keras untuk bisa mencetak gol pada menit-menit awal pertandingan.
 
Namun tim tamu justru unggul lebih dulu dimenit ke-11 lewat gol yang dicetak oleh Silman Widmer. Ia berhasil memanfaatkan umpan dari Noah Okafor hingga menjadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Swiss.
 
Unggul satu gol membuat tim asuhan Murat Yakin ini semangat untuk mencetak gol lagi. Italia dibawah tekanan Swiss hingga memasuki menit ke-20. Namun belum ada gol yang tercipta lagi untuk Swiss hingga memasuki menit ke-20.
 
Italia perlahan mulai mendominasi penguasaan bola kembali dan merencanakan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Lorenzo Insigne dan kolega tak ingin negaranya kalah dan mengecewakan para penggemar.
 
Hasilnya dimenit ke-36 Italia sukses menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Di Lorenzo. Ia berhasil memanfaatkan umpan dari Lorenzo Insigne dengan baik hingga menjadi gol untuk Italia.
 
Tak ada lagi yang tercipta untuk kedua tim hingga turun minum. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.
 
Memasuki babak kedua Italia masih menguasai jalannya pertandingan. Namun tim asuhan Roberto Mancini ini masih kesulitan untuk menembus lini pertahanan Swiss yang ketat.
 
Domenico Berrardi dan Sandro Tonalli akhirnya masuk menggantikan Belotti dan Locatelli. Mancini berharap dua pemain tersebut dapat membawa perubahan yang baik untuk Italia pada pertandingan ini.
 
 
Masuknya kedua pemain tersebut membuat permainan Azzurri semakin impresif walaupun masih sering tertahan di lini pertahanan Swiss. Italia tak patah semangat dan berusaha untuk mencetak gol kedua pada pertandingan ini. Namun hingga memasuki menit ke-80 belum ada gol lagi yang tercipta untuk tim tuan rumah.
 
Barulah dimenit ke-87 Italia mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua pada pertandingan ini lewat titik putih. Berawal dari Domenico Berardi yang dilanggar oleh Garcia di kotak terlarang dan wasit akhirnya memberikan hadiah penalti untuk Italia.
 
Namun sayangnya Jorginho yang menjadi eksekutor penalti ini gagal menjalankan tugasnya. Italia gagal untuk mencetak gol kedua pada pertandingan ini tetapi mereka tak pantang menyerah dan terus menyerang Swiss.
 
Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan usai. Italia harus yang kurang memuaskan ini dan mereka harus berjuang lagi di pertandingan berikutnya agar bisa lolos ke Piala Dunia 2022.
 
Jorginho gagal bawa Italia raih 3 poin pada pertandingan ini. Italia harus bisa mengalahkan Irlandia Utara pada pertandingan selanjutnya agar bisa mengamankan posisinya ke Piala Dunia 2022.

Editor: Bayu Christian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cocok Tidaknya Cristiano Ronaldo di Atletico Madrid

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:44 WIB

5 Klub Favorit Juara Liga Champions Musim 2022/23

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:03 WIB

Apakah Keluarga Glazer Akan Jual Manchester United?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:00 WIB
X