Pantai Gading Kuasai Piala Afrika 2015

- Senin, 9 Februari 2015 | 19:31 WIB

Ghana sepertinya akan memenangi Piala Afrika tahun ini setelah dua eksekutor pertama mereka Wakaso Mubarak dan J.Ayew sempurna menun­taskan tugasnya. Sementara dua penen­dang perdana pantai Gading (Wilfried Bony dan Tallo Gadji) malah gagal bikin gol.

Namun dari momen tersebut justru lahir drama karena gantian dua penen­dang Ghana berikutnya Acquah dan Acheampong yang gagal mengeksekusi tendangan dari titik putih. Sementara Pantai Gading menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui penalti Aurier dan Doumbia.

Setelah itu enam penendang Ghana dan Pantai Gading sama-sama berhasil menuntaskan tugasnya sebagai penen­dang penalti. Sampai akhirnya kedua kiper harus maju merasakan menjadi penendang penalti.Penjaga gawang Pantai Gading, Boubacar Barry, berhsil men­cetak gol dari titik putih. Sementara kiper Brimah Razak gagal mencetak gol.

Buat Pantai Gading ini merupakan gelar Piala Afrika pertama mereka dalam 23 tahun ke belakang. Uniknya, kali terakhir jadi juara Pantai Gading juga mengalahkan Ghana di tahun 1992 silam. Pelatih Pantai Gading, Herve Renard, juga menorehkan catatan spesial dalam laga ini. Dia menjadi pelatih pertama yang memenangi dua Piala Afrika bersama dua negara berbeda, setelah tiga tahun lalu mengantar Zambia jadi kampiun usai memenangi adu penalti dengan Pantai Gading. (h/net)

Editor: Administrator

Terkini

X