Mengenal Ajax Amsterdam, Klub dengan Akademi Jempolan

- Kamis, 25 November 2021 | 20:23 WIB
Ajax (Dwi Prima Putra)
Ajax (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - Ajax-Amsterdam">Ajax Amsterdam, merupakan salah satu klub Belanda tersukses yang hingga kini masih eksis untuk bersaing dengan para klub kelas berat sepak bola Eropa.

Kelolosan Ajax ke babak 16 besar dengan rekor sempurna, mensejajarkan mereka dengan Bayern Munich dan Liverpool sebagai tiga klub yang belum tersentuh kekalahan di Liga Champions.

Keperkasaan Ajax tidak bukan karena kehalian mereka untuk mengasah bakat-bakat muda yang berasal di akademi klub, atau bahkan mencari pemain-pemain muda yang bisa menjadi andalan klub di masa depan.

Baca Juga: 3 Pemain yang Kariernya Terlahir Kembali Bersama Ajax

Filosofi Akademi

Dari sejak akademi, para pemain sudah dilatih untuk memainkan formasi yang sama dan menanamkan keyakinan inti yang sama. Dengan formasi 4-3-3 mereka mengasah banyak hal yang bisa berguna di tim utama, mulai dari bermain atraktif, berpikiran ofensif, kreatif, dan cepat mengambil keputusan.

Akademi Ajax yang terkenal tidak hanya terbatas pada talenta Belanda yang menjanjikan, karena mereka juga sangat terbuka dengan talenta-talenta dari seluruh dunia. Trio Belgia, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen dan Thomas Vermaelen semuanya lulus dari akademi Ajax.

Filosofi Ajax dikenal dengan model TIPS, sebuah kata singkatan yang memiliki kepanjangan dari Technique, Insight, Personality & Speed. Untuk setiap bagian ada 10 kriteria, P dan S bisa dinilai sebagai sifat umum yang merupakan sifat bawaan, tetapi I dan T selalu dapat dikembangkan lebih lanjut. Para pemain akademi juga memiliki paspor Ajax khusus, di mana semua pencapaian mereka harus dicatat.

Ajax akan terus menghasilkan talenta kelas dunia di Amsterdam, Ajax memiliki budaya unik yang tidak mungkin ditiru oleh klub manapun di dunia ini. Ajax telah mengembangkan sistem yang tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, bahkan justru menunjukkan bahwa masa depan sangat menarik bagi klub paling sukses di Belanda.

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Bulutangkis PWI Solsel Juara 2 di Ajang Porwanda

Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:35 WIB

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang AFF Suzuki Cup

Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:41 WIB

5 Lulusan Terbaik dari Akademi Sporting CP

Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:18 WIB

5 Pemain Bintang yang Pernah Membela RC Lens

Sabtu, 4 Desember 2021 | 13:49 WIB
X