Profil Diogo Jota, Bintang Baru Liverpool Hasil Didikan Wolves

- Jumat, 3 Desember 2021 | 19:38 WIB
Jota (Dwi Prima Putra)
Jota (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - Diogo Jota menjadi nama bintang baru yang ada di skuat Liverpool, pemain asal Portugal yang didatangkan The Reds dari Wolves pada musim panas tahun lalu.

Sejak pindah ke Anfield, Jota langsung unjuk kebolehan dan bahkan penampilannya berhasil menggeser Roberto Firmino dari tim inti, setelah Jurgen Klopp lebih mempercayakan peran utama kepada Jota untuk menemani Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Lalu sebenarnya, sosok seperti apa Jota? Mari simak profil singkat dari bintang baru Liverpool ini.

1. Awal Karier

Jota lahir dalam keluarga pecinta sepak bola. Ayahnya, Joaquim Silva dan ibunya, Isabel sepenuhnya mendukung semangat muda Jota untuk menjadi pesepakbola profesional. Berkat dukungan adiknya, Andre pun mengikuti jejak Jota dengan bermain di akademi sepak bola Porto.

Jota memulai karier amatirnya pada usia sembilan tahun ketika ia berada di akademi Gondomar di Porto. Bakatnya terlihat jelas sejak awal saat ia menimba ilmu di akademi dan segera mendaftarkan dirinya ke akademi yang lebih besar, Pacos de Ferreira.

Karier Jota dimulai pada tahun 2014 ketika ia melakukan debut profesionalnya untuk tim Liga Primera Portugal, Paços de Ferreira melawan Atletico SC. Jota mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 3-2 atas Academica de Coimbra, dengan dua golnya di pertandingan itu, Jota menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk klub di kasta tertinggi sepak bola Portugal.

Baca Juga: Wolves vs Liverpool: 5 Pemain yang Pernah Membela Kedua Klub

Jota bermain di Paços de Ferreira selama dua musim, mencetak 15 gol dalam 45 pertandingan untuk klub. Dia kemudian didatangkan oleh Atletico Madrid tetapi langsung dilepas ke FC Porto. Statistik satu musim Jota di Porto relatif bagus dengan mencetak 9 gol dalam 37 pertandingan di semua kompetisi.

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Gianluca Scamacca, Striker Incaran Juventus

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:12 WIB

Massimiliano Allegri: Kami Harus Selalu Fokus!

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:49 WIB

SMAN 2 Tilkam Menang WO, SMKN 1 Matur Tersingkir

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:44 WIB

Genoa Resmi Pecat Andriy Shevchenko

Minggu, 16 Januari 2022 | 01:00 WIB
X