Gubernur Sumbar Sebut Prestasi Olahraga Sulit Terwujud Tanpa Kompetisi

- Selasa, 21 Desember 2021 | 15:30 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat membuka turnamen Kejurprov Bulutangkis Sumbar 2021 di hall bulutangkis Atalanta, Selasa (21/12/2021).
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat membuka turnamen Kejurprov Bulutangkis Sumbar 2021 di hall bulutangkis Atalanta, Selasa (21/12/2021).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Prestasi dalam olahraga sulit terwujud tanpa adanya kompetisi berjenjang mulai dari tingkat nagari, kota/kabupaten, provinsi hingga internasional karena itu perlu upaya membangun sistem dengan dukungan bersama.

"Setelah berlatih keras, kompetisi adalah ajang untuk menguji kemampuan atlet sekaligus mendulang prestasi. Karena itu kompetisi berjenjang itu harus kita upayakan untuk seluruh cabang olahraga," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat membuka turnamen Kejurprov Bulutangkis Sumbar 2021 di hall bulutangkis Atalanta, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Gubernur Sumbar: Olahraga Komponen Penting Bagi Generasi Emas

Untuk menciptakan kompetisi itu pengurus cabang olahraga tidak mungkin jalan sendiri, karena itu kolaborasi dengan pemerintah daerah dan sponsor lain mutlak diperlukan.

"Disinilah kejelian dan kemampuan pengurus cabang olahraga diuji," katanya.

Baca Juga: Sawahlunto Geotrail 2021 Dibantu Deputi Pengelolaan Olahraga dan Rekreasi Kemenpora

Mahyeldi menyebut menggiatkan olahraga bagi siswa mulai SD hingga SMA/SMK juga bisa menjadi solusi dalam menjaring bibit atlet. Ia menilai wacana sekolah lima hari hingga Jumat dan mengkhususkan hari Sabtu untuk olahraga dan seni patut untuk dipertimbangkan.

"Dengan demikin semua cabang olahraga ini akan bergairah, sponsor datang dan dengan dukungan pemerintah, fasilitas latihan dan venue pertandingan bisa diperbaiki atau dibangun sesuai standar internasional," ujarnya.

Standar internasional yang diacu sekaligus sebagai upaya untuk menarik pertandingan olahraga skala nasional bahkan internasional untuk bisa dilaksanakan di Sumbar sehingga terjadi efek domino yang tidak hanya menguntungkan insan olahraga tetapi juga sektor lain seperti UMKM.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X