Kontroversi Wasit Singapura vs Indonesia, Simak Selengkapnya

- Kamis, 23 Desember 2021 | 11:30 WIB
Wasit asal Korea Selatan, Kim Hee Gon. Foto: STR / AFP
Wasit asal Korea Selatan, Kim Hee Gon. Foto: STR / AFP

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia ditahan 1-1 oleh tuan rumah Singapura di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12) malam WIB. Pasalnya, wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon, membuat keputusan kontroversial di laga ini.

Keputusan wasit yang penuh kontroversi itu terjadi pada menit ke-77. Bermula dari Ricky Kambuaya yang membawa bola di sisi kiri penyerangan Indonesia. Ia kemudian dilanggar oleh Nazrul Nazari hingga terjatuh mengerang kesakitan.

Baca Juga: Skuad Garuda Ditahan Imbang Singapura, Begini Skema Agar Lolos Final Piala AFF

Dalam tayangan ulang, Nazrul melanggar Kambuaya di dalam kotak penalti. Hal itu juga terlihat dari kaki Kambuaya yang sudah berada di dalam kotak 16.

Namun, wasit menganggapnya sebagai pelanggaran di luar kotak penalti sehingga hanya memberikan tendangan bebas untuk Indonesia. Bola mati yang dieksekusi Evan Dimas tak bisa berbuah gol usai membentur pagar hidup.

Baca Juga: Simak, Ini Jadwal Timnas Indonesia Hadapi Singapura di Semifinal Piala AFF 2020

Kim Hee-gon merupakan wasit yang cukup akrab dengan kontroversi. Misalnya, pada April 2013, Liga Thailand memakai jasanya sebagai salah satu wasit asing di kompetisi tersebut.

Dalam laga Chonburi FC vs SCG Muangthong United yang berakhir 0-2 untuk tim yang disebut kedua, Kim menjadi pusat perhatian. Manajer Chonburi FC kala itu, Witthaya Laohakul, mengkritisi kinerja wasit saat konferensi pers.

Kim membuat beberapa keputusan kontroversial, seperti penalti menit ke-6 untuk Muangthong. Tak tanggung-tanggung, Witthaya menuding si wasit telah disuap.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

RB Leipzig Segera Datangkan Penyerang Chelsea Ini

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:10 WIB
X