Aturan Unik di Sepak Bola, Dilarang Miliki Tato

- Jumat, 31 Desember 2021 | 21:15 WIB
Pemain Timnas China. Doc. Apdnews.
Pemain Timnas China. Doc. Apdnews.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Administrasi Olahraga (GAS) China secara resmi melarang penggawa timnas sepak bola China memiliki tato di bagian tubuhnya. GAS pun meminta para penggawa timnas senior dan U-23, yang telah memiliki tato untuk menghapus tato yang telah dimilikinya.

Dalam kasus-kasus tertentu, tato yang ada di tubuh pemain juga harus ditutup, baik saat pemain itu tampil di sesi latihan atau tampil di pertandingan resmi. Semua aturan untuk menutup tato ini harus diikuti dengan persetujuan dari tim.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Madam Pang, Manajer Cantik Timnas Thailand

Larangan tato ini juga dijadikan salah satu pertimbangan untuk perekrutan pemain muda di timnas. Pemain-pemain muda, khususnya di level usia U-20 yang kedapatan memiliki tato, dilarang memperkuat timnas junior China.

Aturan disiplin yang baru ini diambil GAS sebagai bentuk memberikan contoh yang bagus buat masyarakat China.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dihajar Thailand 0-4, Situs PSSI Diretas

''Tim nasional di semua level usia akan menerapkan aturan disiplin ini dengan ketat. Dengan aturan ini, tim nasional dapat menunjukan semangat positif dari sepak bola China dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,'' tulis arahan terbaru GAS tersebut seperti dilansir dari Sky Sports melalui Republika.co.id, Jumat (31/12).

Aturan ini dikeluarkan GAS dalam sebuah dokumen yang bertajuk ‘Saran untuk Memperkuat Manajemen Pesepakbola’. Tidak hanya melarang tato, dalam aturan serupa, GAS juga meminta Federasi Sepak Bola China bisa menyusun program dan aktivitas yang bisa memperkuat semangat patriotisme. Hal ini agar para pemain bisa menyadari tanggung jawab, misi, dan kehormatan memperkuat timnas China.

Seruan resmi GAS soal tato ini menjadi babak baru dalam upaya Pemerintah China memerangi tato. Pada 2018 silam, otoritas penyiaran China telah melarang semua program televisi untuk menampilan pria atau wanita bertato. Bahkan, stasiun televisi China harus menyensor bagian tubuh dari pengisi acara yang memiliki tato.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

5 Penjualan Terbesar Ajax Sepanjang Masa

Rabu, 29 Juni 2022 | 19:04 WIB

Detail Lengkap Kepindahan Gareth Bale ke LAFC

Rabu, 29 Juni 2022 | 18:48 WIB

Frenkie de Jong Kian Mendekat ke Manchester United

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:15 WIB
X