PLN Mobile Proliga 2022 Resmi Dibuka, Menpora: Ajang Persiapan Hadapi Sea Games Vietnam    

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 13:10 WIB
PLN Mobile Proliga 2022 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Jumat (7/1/2022).
PLN Mobile Proliga 2022 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Jumat (7/1/2022).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kompetisi voli paling bergengsi di Tanah Air, PLN Mobile Proliga 2022 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Jumat (7/1/2022).

Pada laga perdana yang diadakan di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jakarta Elektrik PLN akan menghadapi juara bertahan Jakarta Mandiri Popsivo Polwan.
   
Pada sambutannya, Menpora Zainudin Amali mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berusaha keras agar kompetisi bergengsi ini kembali bergulir setelah hampir dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: PLN Pasok Listrik 5,54 MVA ke Stadion Termegah di Indonesia

Mulai dari para pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), panitia, para atlet, hingga sponsor PT PLN (Persero).
   
"Dengan kerja keras semua pihak, hari ini kita akan memulai lagi kompetisi PLN Mobile Proliga 2022. Proliga kali ini tentu memberi harapan bagi para penggemar bola voli Tanah Air," kata Zainudin.
   
Zainudin pun berharap kompetisi PLN Mobile Proliga 2022 bisa menjadi ajang persiapan bagi tim nasional bola voli yang akan bertanding di Sea Games 2022 Vietnam pada bulan Mei nanti.
   
"Untuk tim putra semoga bisa mempertahankan medali emas yang didapatkan di Sea Games 2019 Philipina. Pada tim putri saya harap bisa menyamai prestasi tim putra," ujarnya.

Baca Juga: Kenalkan Putri Andya Agustina, Pemain Muda Kapten Tim Jakarta Elektrik PLN
   
Sementara itu, Ketua Umum PP PBVSI Komjend Pol (Purn) Drs. Imam Sudjarwo mengatakan PLN Mobile Proliga 2022 merupakan ajang kompetisi bola voli bergengsi di Tanah Air yang sangat ditunggu kehadirannya.
   
"Semoga dilaksanakannya kembali PLN Mobile Proliga 2022 bisa mengobati rasa rindu para pecinta bola voli," ucapnya.
   
Imam pun berpesan agar seluruh klub dan para atlet peserta bisa memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, dengan menunjukkan permainan yang menarik, enak ditonton, serta menjaga sportivitas yang tinggi.
   
"Selamat bertanding, jaga sportivitas yang tinggi," tegas Imam.
 
Di sisi lain, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menambahkan, PLN antusias menyambut kembali digelarnya PLN Mobile Proliga 2022. Bagi PLN, kompetisi ini merupakan salah satu bagian pembinaan dari PLN untuk kemajuan olahraga Nasional, khusunya di cabang bola voli.
 
"Karena olahraga voli ini penggemarnya dari segala kalangan di seluruh tanah air," ucapnya.
 
Terlebih lagi, dalam gelaran PLN Mobile Proliga 2022 yang dimulai pada 7 Januari sampai 27 Maret ini, PLN memiliki andil besar untuk menyukseskannya.
 
Agung pun berharap, pelaksanaan ajang ini dapat mengasah kemampuan para atlet voli dan menjadi modal untuk menoreh prestasi di kancah global. Tak lupa, Ia mengingatkan agar para peserta tim voli selalu menjaga protokol kesehatan selama mengikuti gelaran PLN Mobile Proliga 2022.
 
Pertandingan pembuka sendiri mempertemukan dua unggulan, tim putri Jakarta Elektrik PLN sebagai pemegang gelar terbanyak, melawan juara bertahan Jakarta Mandiri Popsivo Polwan.

Sama-sama mengusung banyak pemain muda, pertemuan kedua tim ini pun menyanjikan tontonan yang menarik bagi para pecinta bola voli.
  
Setelah melalui pertandingan yang berjalan cukup ketat, Jakarta Elektrik PLN harus tergelincir dengan skor akhir 3-2. Jalannya pertandingan sendiri berjalan sangat seru dan memukau puluhan ribu penonton (Vidio.com) yang menonton secara langsung secara daring.
  
Pelatih Jakarta Elektrik PLN Risco Herlambang menilai Jakarta Popsivo bermain luar biasa hari ini. Baginya, secara tim Jakarta Elektrik PLN lebih unggul, hanya saja irama permainan lawannya di saat-saat krusial berhasil mengecoh para pemainnya yang rata-rata masih berusia muda.
  
"Pertama, kalau sampai set penentuan 2-2 itu hampir sama dengan lempar koin. Kedua juga mereka ini baru tampil jadi masih belum 100 persen," kata Risco.
  
Bagi Risco kekalahan Jakarta Elektrik hari akan menjadi pelajaran yang sangat berharga, terutama untuk para pemain yang masih junior ini. Tentunya Dia akan segera mengevaluasi untuk menemukan kelemahan dan lebih bagus lagi ke depan.
  
"Memang komposisi pemain tim ini masih muda, tapi kan bisa lihat sendiri tadi bagaimana permainan dan kualitas mereka," imbuhnya.
  
Sementara itu, pada sektor putra tim yang akan melakoni pertandingan pertama adalah Palembang Bank Sumsel Babel melawan Surabaya Bhayangkara Samator. Pekan pertama putaran I Proliga 2022 bakal bergulir sebanyak tujuh pertandingan.
   
Meski tanpa penonton, aksi dari para pemain bola voli terbaik di Tanah Air tetap dapat disaksikan melalui siaran langsung melalui televisi maupun streaming. Adapun secara keseluruhan, PLN Mobile Proliga 2022 akan menyuguhkan 66 pertandingan.
   
Sebanyak 11 tim dengan rincian enam tim putra dan lima tim putri bakal bersaing mendapatkan gelar juara. Semua tim akan bersaing satu sama lain dengan lebih dulu melewati babak penyisihan yang terbagi dua putaran.
   
Putaran pertama berlangsung pada 7-30 Januari. Kemudian berlanjut ke putaran kedua pada 11 Februari-6 Maret. Setelah itu, sebanyak empat tim terbaik masing-masing dari sektor putra dan putri akan kembali adu kekuatan pada semifinal pada 11-20 Maret. Kemudian berlanjut ke final pada 26-27 Maret 2021.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Mengapa Barcelona Belum Mendaftarkan Jules Kounde?

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:58 WIB

Indonesia Juara! Lumat Vietnam di Final AFF U-16 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:41 WIB

Menjelaskan Arti dari Perayaan Gol Erling Haaland

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:38 WIB
X