Karena Pandemi Covid-19, Seri Balapan F1 2020 Bertambah

- Minggu, 26 Juli 2020 | 08:12 WIB

HARIANHALUAN.COM - Jumlah balapan Formula 1 2020 kembali bertambah. Kini, ada tiga seri baru yang akan dipentaskan. Awalnya, F1 hanya akan menggelar 8 balapan di Eropa, mengingat sejauh ini baru benua biru tersebut yang mulai bisa mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19. Balapan tersebut yakni GP Austria, GP Styria, GP Hongaria, GP Inggris, GP Inggris II, GP Spanyol, GP Belgia dan GP Italia.

Kemudian, pada awal Juli dikonfirmasi lagi ada 2 seri balapan baru, yakni GP Rusia dan GP Tuscan yang digelar di Sirkuit Mugello. Lalu pada Jumat (24/7/2020) F1 mengumumkan adanya tiga seri tambahan, yakni GP Eifel di Sirkuit Nurburgring, GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola dan GP Portugal di Sirkuit Portimao. Sehingga, jumlah balapan musim ini menjadi 13.

“Sirkuit Internasional Algarve di Portimao akan menggelar GP Portugal untuk pertama kalinya pada 23-25 Oktober, dua pekan setelah GP Eifel di Sirkuit Nurburgring. Lalu seminggu setelah GP Portugal, di Sirkuit Imola akan kembali bergema suara mesin-mesin mobil F1 dengan tajuk GP Emilia Romagna.” tulis pernyataan F1.

Khusus GP Emilia Romagna, rencananya agenda balapan di sana akan lebih singkat, yakni dua hari saja. F1 belum menyepakati format resminya, namun diperkirakan waktu untuk latihan bebas dan kualifikasi dipadatkan menjadi sehari, sedangkan sehari sisanya untuk balapan. Tambahan tiga sirkuit ini merupakan langkah F1 untuk menggantikan GP Meksiko, GP Brasil, GP Kanada, dan GP Amerika Serikat yang diputuskan batal tahun ini. 

Hal itu dikarenakan masih tingginya jumlah kasus harian Covid-19 di benua Amerika. Chairman F1 Chase Carey berjanji keempat seri itu akan kembali masuk pada musim balapan 2021. “Kami ingin menghormati para mitra kami di benua Amerika dan dan berharap bisa kembali bersama mereka di musim depan, ketika mereka bisa kembali menghibur jutaan penggemar F1 di seluruh dunia,” ujar Carey.

Sejauh ini, F1 sudah menuntaskan 3 balapan, yakni GP Austria, GP Styria, dan GP Hongaria. Jadwal terdekat selanjutnya yakni GP Inggris, yang akan digelar pada 2 Agustus di Sirkuit Silverstone. (*)

Editor: Administrator

Terkini

3 Catatan Penting Dari Kemenangan Brazil Atas Uruguay

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:43 WIB

Gaetano Castrovilli Kembali Latihan Bersama La Viola

Jumat, 15 Oktober 2021 | 04:20 WIB

Terpopuler

X